Perusahaan Industri Mekanik dan Kimia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari MKEK)

Perusahaan Industri Mekanik dan Kimia (Bahasa turki: Makina ve Kimya Endüstrisi Kurumu disingkat MKEK, dikenal juga dengan nama Makina Kimya) adalah sebuah perusahaan milik pemerintah yang direorganisasi asal Turki yang memasok kebutuhan amunisi dan peralatan militer Turki. Perusahaan ini didirikan tahun 1950.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Cikal bakal perusahaan ini dimulai pada abad ke 15 pada masa pemerintahan Kesultanan Utsmaniyah dengan nama "Tophane-i Amire" ("Pabrik senjata Kerajaan") yang memasok pasukan artileri kesultanan dengan meriam, mesiu dan amunisi meriam. Pada tahun 1832 perusahaan ini direorganisasi sebagai "Tophane Müşavirliği" ("Pabrik senjata Artileri dan Perlengkapan perang") dan berada di bawah "Harbiye Nezareti" (Departemen 'Perang') pada tahun 1908. Setelah Perang Dunia I dan pemberontakan "Young Turks" perusahaan ini kembali direorganisasi menjadi Direktorat Umum Pabrik Militer (bahasa Inggris: "General Directorate of Military Factories") pada tahun 1923. Saat ini MKEK telah memiliki 12 pabrik dengan jumlah pekerja 7.430 orang.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arşivlenmiş kopya". Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 March 2016. Diakses tanggal 8 March 2016. 
  2. ^ "MKEK Resmi Web Sitesi, Kurumsal -> Tarihçe sayfası" (dalam bahasa Turki). Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 November 2012. Diakses tanggal 7 August 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]