MIDI Breat Controller

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Midi Breat Controller Perangkat Tambahan Keyboard Piano yang menyerupai alat musik tiup tradisional,[1] dan menghasilkan satu set sinyal kontrol tergantung pada berbagai aspek teknik bermain alat musik tiup.

Cara Kerja[sunting | sunting sumber]

Secara umum, sinyal nada dihasilkan berdasarkan operasi tuas ibu jari dan jari yang disusun dengan cara yang mirip dengan instrumen seperti klarinet atau saksofon. Sebuah sensor tekanan menghasilkan sinyal kedua yang sesuai dengan seberapa keras pelaku meniupnya; ini dapat digunakan untuk menghasilkan sinyal gerbang atau menentukan pengiriman nota MIDI dan sinyal off, serta menghasilkan sinyal kontrol tambahan. Tergantung pada perangkat, sinyal tambahan mungkin dirasakan berdasarkan faktor-faktor seperti posisi bibir pada juru bicara. Ini berfungsi sebagai alternatif untuk bermain keyboard, memungkinkan pemain kuningan atau pemain tiup kayu untuk memainkan synth tanpa harus belajar keyboard. Lyricon adalah pengontrol napas yang terkenal; yang lain termasuk Yamaha WX7 dan Akai EVI.

Pesan Kontroler MIDI, tipe 2 (dan opsional tipe 34), dihasilkan oleh perangkat yang sesuai dengan seberapa keras pemain tersebut meniupkan ke corong (yang diukur dengan tekanan atau sensor aliran). Pesan ini disebut sebagai "pengendali nafas" dalam standar. Parameter suara yang seharusnya dikendalikan oleh pesan pengontrol ini tidak ditentukan oleh standar; kebanyakan synth yang menerima pesan ini menggunakannya untuk mengontrol pengaturan volume atau filter.

  1. ^ Site, Fandom (Senin, 14 November 2019). "Midi Breat Controller". fandom. Diakses tanggal 2019-11-16.