Mekar (perusahaan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari MEKAR)
Mekar
Mekar-logo-dark-fbia.png
Jenis situs
Perseroan terbatas
BahasaIndonesia, Inggris
DidirikanJanuari 2010
MarkasDKI Jakarta, Indonesia
PemilikSampoerna Strategic Group
PendiriPutera Sampoerna
Tokoh pentingThierry Sanders (CEO)
Randy Gunadi (CCO)
Pandu Aditya Kristy (COO)
Dandi Rusli (CTO)
SektorTeknologi Finansial (Fintech)
Karyawan44 (2017)
Situs webmekar.id
StatusAktif

Mekar (ditulis dengan huruf kapital) adalah perusahaan teknologi keuangan yang melayani pinjaman peer-to-peer. Mekar menggunakan sebuah platform online untuk menghubungkan antara usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) yang mencari pinjaman usaha dengan masyarakat umum yang ingin menjadi pemberi pinjaman. Mekar berkantor pusat di DKI Jakarta, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mekar dibentuk pada bulan Januari tahun 2010 di bawah bendera Putera Sampoerna Foundation. Mekar awalnya berfungsi sebagai platform untuk mempertemukan wirausahawan dengan angel investor (investor malaikat) agar dapat mencapai kesepakatan kerja sama.[1]

Pada tahun 2013, perusahaan ini meluncurkan platform digital bernama Mekar Exchange.[2] Melalui platform ini, Mekar berperan sebagai mediator antara wirausahawan, mitra organisasi yang bekerja sama dengan Mekar dan investor. Sekitar 3.000 wirausahawan dan 300 investor menjadi anggota pada program yang dijalankan oleh Mekar tersebut dan terhitung sebanyak lebih dari 30 kesepakatan kerja terjadi antara kedua belak pihak, yang difasilitasi oleh Mekar sebagai mediator.[3]

Pada akhir tahun 2015 sampai dengan akhir 2016, Mekar mengubah model bisnisnya. Tidak lagi menjalankan peer-to-peer lending, Mekar mengucurkan pinjaman langsung pada pelaku usaha kecil dan menengah.

Akan tetapi, pada perkembangannya Mekar mengalami banyak kendala dengan diterapkannya model bisnis ini. Kendala terbesar adalah adanya pihak-pihak yang berusaha mengecoh sistem untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Pada akhir tahun 2016, perusahaan ini mengubah ulang model bisnisnya dan kembali menjalankan peer-to-peer lending. Mekar juga menggandeng mitra, yang disebut sebagai Mitra Pemberi Pinjaman atau Lending Partner, dan merupakan salah satu komponen utama dari model bisnis Mekar yang baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]