Māris Kučinskis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Māris Kučinskis
Flickr - Saeima - 10.Saeimas deputāts Māris Kučinskis.jpg
Perdana Menteri Latvia
Mulai menjabat
11 Februari 2016
Presiden Raimonds Vējonis
Pendahulu Laimdota Straujuma
Menteri Pembangunan Daerah dan Pemerintah Daerah Latvia
Masa jabatan
2 Desember 2004 – 7 November 2006
Perdana Menteri Aigars Kalvītis
Pendahulu Andrejs Radzevičs
Pengganti Aigars Štokenbergs
Informasi pribadi
Lahir Māris Kučinskis
28 November 1961 (umur 56)
Valmiera, Latvia
Partai politik Partai Rakyat Latvia (1998–2011)
Partai Liepāja (2014–sekarang)
Afiliasi
politik lain
"Partai Uni Hijau dan Petani" (2014–sekarang)
Pasangan Laine Kučinska
Anak 2
Alma mater Universitas Latvia

Māris Kučinskis (lahir tanggal 28 November 1961, dekat Limbaži[1]) adalah seorang politikus dari negara Latvia dan tahun 2016 lalu, telah diangkat menjadi Perdana Menteri Latvia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Māris Kučinskis lahir pada tanggal 28 November 1961, di pemukiman Ķirbiži di Distrik Limbaži di Republik Sosialis Soviet Latvia Setelah tamat dari Sekolah Dasar di Ķirbiži dia pindah ke kota Valmiera, di mana dia belajar di Sekolah Menengah №4 (1977-1980). Setelah itu ia mulai bekerja sebagai ekonom di departemen Keuangan The Valmiera Board of People's Deputies. Dari tahun 1981 ia bertugas sebagai tentara Soviet dan kemudian ia masuk Fakultas manajemen dan informasi ekonomi di Universitas Negeri Latvia. Pada saat yang sama, dari tahun 1984, dia mulai bekerja sebagai kepala akuntan di pabrik obat pencegahan kebakaran Valmiera.

Pada tahun 1987, Kučinskis diundang untuk menjadi kepala ekonom dari departemen perumahan dan komunal distrik The Valmiera Board of People's Deputies. Pada tahun 1991 ia mendirikan perusahaan swasta bernama "Apgāds Ltd", yang mengkhususkan diri dalam perdagangan bahan bangunan. Dia bekerja di sana sebagai Deputi Direktur sampai tahun 1994 dan sebagai Direktur dari tahun 1997-1998.

Sementara ia istirahat dari aktivitas politik mulai November 2011, Kučinskis menjadi penasihat Wakil Direktur Eksekutif Asosiasi kota Latvia yang lebih besar (Latvijas Lielo Pilsētu asociācijā, LLPA). Organisasi ini bergabung dengan 9 kota Latvia yang memiliki subordinasi di negara tersebut. Dari bulan September 2013 sampai Februari 2016, M. Kučinskis menjadi pemimpi disitu.

Politik[sunting | sunting sumber]

Kučinskis pertama kali terpilih menjadi anggota dewan "kota Valmiera" pada tahun 1994 dan menjadi ketua di "Dewan Kota Valmiere" pada tahun 1996. Dia terpilih kembali pada tahun 1998, atas terpilihnya kembali, dia melanjutkan jabatannya sebagai ketua sampai tahun 2003. Dari tahun 1998-2000 dia menjadi ketua dewan "Distrik Valmiera". Dia bergabung dengan Partai Rakyat (Latvia), pada tahun 1997.

Kučinskis menjadi Deputi Saeima untuk pertama kalinya pada tahun 2002 sebagai anggota Partai Rakyat, ketika ketua partai politiknya Andris Šķēle mengumumkan pengunduran dirinya dari politik, namun Andris masih tetap bertahan untuk membantu partai itu, karena dia menyatakan, seorang "anggota biasa" Partai dianggap memiliki pengaruh politik yang luar biasa, meskipun ada di balik layar. Di kabinet yang dipimpin oleh Aigars Kalvītis, Kučinskis menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Pembangunan Daerah dari tahun 2004-2006.

Pada bulan Oktober 2006, Kučinskis sebelumnya lebih memilih menjadi Deputi Saeima dan menjadi ketua faksi Partai Rakyat di parlemen. Posisi ini kemudian diberikan kepada Vineta Muižniece. Pada bulan Oktober 2009, ketika Partai Rakyat menemukan dirinya dalam keadaan krisis kepemimpinan, Šķēle kembali ke politik sebagai ketua partai. Kučinskis mulai bekerja di Dewan sebagai anggota. Pada tahun 2010 Muižniece diangkat sebagai hakim Mahkamah Konstitusi dan Kučinskis kembali memimpin faksi parlemen.

Pada bulan Oktober 2010 Kučinskis terpilih sebagai anggota parlemen dari aliansi partai For a Good Latvia yang termasuk dalam Partai Rakyat.

Pada pemilihan 2011, Kučinskis mencalonkan diri untuk aliansi Union of Greens and Farmers/Uni Hijau dan Kaum Tani, namun dia tidak memenangkan tempat di Parlemen. Ketika anggota fraksi partainya Iveta Grigule terpilih sebagai deputi parlemen Eropa, dia masuk menjadi anggota dewan ke-11 di Saeima. Pada bulan Oktober 2014 dia terpilih sebagai Deputi Saeima ke-12 dan menjadi Ketua Komisi Parlemen untuk pembangunan jangka panjang.

Perdana Menteri Latvia[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 13 Januari 2016 dia dinominasikan untuk menggantikan Laimdota Straujuma sebagai Perdana Menteri Latvia, setelah dia mengundurkan diri pada bulan Desember yang lalu. Dia dinominasikan oleh Presiden Latvia, Raimonds Vējonis,[2] dan kabinetnya disetujui oleh Saeima pada tanggal 11 Februari. Dia adalah Perdana Menteri pertama yang tidak menjadi anggota Persatuan (partai politik Latvia) atau salah satu pendahulunya sejak 2009, dan yang pertama dari Partai Uni Hijau dan Petani (ZZS) sejak tahun 2004.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Biogrāfija (in Latvian)
  2. ^ "Kucinskis nominated for prime minister in Latvia". Associated Press. Diakses tanggal 20 April 2016. 
Jabatan politik
Didahului oleh:
Laimdota Straujuma
Perdana Menteri Latvia
2016–sekarang
Petahana