Luna 19

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Luna-22.jpg

Luna 19 (alias Lunik 19) (seri E-8-LS), merupakan sebuah misi luar angkasa tak berawak dari program Luna. Luna memperpanjang 19 studi sistematis medan gravitasi bulan dan lokasi mascons (konsentrasi massa). Hal ini juga mempelajari lingkungan radiasi lunar, permukaan gamma-aktif bulan, dan angin matahari. Cakupan fotografi melalui sistem televisi juga diperoleh.

Luna 19 adalah yang pertama dari pengorbit bulan "maju" yang didasarkan pada desain yang sama bus kelas Ye-8 yang digunakan untuk rovers lunar dan kolektor sampel. Untuk pengorbit ini, ditunjuk Ye-8LS, dasar "panggung pendarat" diakhiri dengan bingkai Lunokhod seperti kencana tanpa roda yang menampung semua instrumentasi ilmiah dalam wadah bertekanan.

Luna 19 diluncurkan ke dalam orbit parkir bumi pada tanggal 28 September, dan, dari orbit ini, dikirim ke Bulan. Luna 19 memasuki orbit sekitar bulan pada tanggal 2 Oktober tahun 1971 setelah dua perbaikan di tengah jalan pada 29 September dan 1 Oktober. Parameter orbital awal adalah 140 x 140 kilometer di kemiringan 40,58 °.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]