Luigi Monza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Luigi Monza

Luigi Monza (22 Juni 1898 – 29 September 1954) adalah seorang imam Katolik Roma Italia dan pendiri Kongregasi Istituto Secolare delle Piccole Apostole della Carità (Secular Institute of the Little Apostles of Charity). Ia lahir dalam sebuah keluarga petani sederhana di kota Varese, Lombardi, Italia Utara pada tanggal 22 Juni 1898. Ia masuk seminari pada usia delapan belas tahun dan ditahbiskan menjadi imam praja Keuskupan Agung Milan pada tanggal 19 September 1925. Pada tahun yang sama, ia ditunjuk sebagai pastor pembantu di paroki Vedano Olona di Lombardi.

Selama bertugas di Paroki Vedano Olona, ia sempat ditahan di penjara setelah orang-orang Fasis menuduhnya merencanakan serangan terhadap hakim setempat. Namun ia dibebaskan empat bulan kemudian karena para Fasis tidak bisa membuktikan tuduhan mereka.

Pada tahun 1929, ia di pindahkan ke Paroki Saronno sebagai pastor pembantu dan pembimbing para pemuda. Pada tahun 1936 ia ditunjuk sebagai pastor paroki di Paroki Santo Yohanes di kota Lecco. Disini ia menjadi populer sebagai seorang imam yang murah hati dan selalu bersedia membantu para orang sakit dan orang miskin. Ketika perang Dunia II meletus, pater Luigi menghabiskan waktunya untuk merawat para korban perang sambil terus berupaya melindungi umat di parokinya dari kekejaman perang.

Pada tahun 1937, ia mendirikan sebuah tarekat religius untuk mempromosikan misi pastoralnya dan memperjuangkan nasib orang miskin. Bersama anggota Tarekat yang diberi nama Istituto Secolare delle Piccole Apostole della Carità (Secular Institute of the Little Apostles of Charity), ia berkarya memberikan bantuan pendidikan dan layanan kesehatan gratis bagi anak-anak miskin dan para penderita disabilitas. Saat ini, karya Tarekat tersebut telah menyebar dari Italia sampai ke Sudan, Brasil, Ekuador, Tiongkok, Maroko, dan Palestina.

Sambil membimbing perkembangan Tarekat yang didirikannya, ia tetap menjalankan tugasnya sebagai seorang pastor paroki yang sederhana. Ia tutup usia secara mendadak akibat serangan jantung pada tanggal 29 September 1954.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Beato Luigi Monza". Info Katolik.