Ludwig I dari Thüringen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ludwig I, Landgraf Thüringen
PasanganHedwig dari Gudensberg
Anak
Ludwig II dari Thüringen
Judith dari Thüringen
Keluarga bangsawanLudowing
BapakLudwig dari Schauenburg
IbuAdelheid dari Stade
Meninggal12 Januari 1140
PemakamanBiara Reinhardsbrunn

Ludwig I dari Thüringen (†12 Januari 1140) merupakan seorang Landgraf Thüringen dari tahun 1131 hingga kematiannya pada tahun 1140.

Ludwig adalah putra dan penerus Landgraf Thüringen Ludwig dari Schauenburg (†1123) dan istrinya Adelheid dari Stade. Ia adalah orang ketiga dalam garis keturunannya yang diberi nama « Ludwig » setelah ayahanda dan kakeknya, namun karena ia adalah orang pertama yang menyandang gelar Graf dan merupakan asal dari perluasan teritorial wilayah keluarganya, ia dinamakan Ludwig I oleh historiografi.

Ludwig adalah pejabat kesayangan Lothar II, Kaisar Romawi Suci, ia menjadi Landgraf Thüringen pada tahun 1131 menggantikan Hermann I dari Winzenburg. Ia juga menikahi seorang pewaris yang kaya raya, Hedwig dari Gudensberg yang mendapatkan total warisan yang memungkinannya mempersatukan Thüringen dan Hessen setelah kematian ayah tirinya, Graf Giso IV. Hubungan dekatnya dengan kaisar Lothar II mendukung aksesinya ke pangkat setara dengan pangeran. Setelah kematian Lothar pada tahun 1137, Ludwig kemudian berpihak pada seorang pendukung kuat dari Hohenstaufen yang ia dukung dalam perjuangan mereka untuk pengambilalihan kekaisaran terhadap keturunan wangsa Guelf Lothar. Landgraf Ludwig meninggal pada tanggal 12 Januari 1140 meninggalkan perwalian putranya kepada Raja Konrad III dari Jerman dan ia dimakamkan di Biara Reinhardsbrunn yang didirikan oleh keluarganya.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Ludwig I dari Thüringen
Meninggal: 12 Januari 1140
Didahului oleh:
Ludwig dari Schauenburg
Landgraf Thüringen
1123–1140
Diteruskan oleh:
Ludwig II