Love Letter (film 1995)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Love Letter
SutradaraShunji Iwai
Produser
Ditulis olehShunji Iwai
Pemeran
Penata musikRemedios
SinematograferNoboru Shinoda
PenyuntingShunji Iwai
Perusahaan
produksi
DistributorJapan Herald
Tanggal rilis
  • 25 Maret 1995 (1995-03-25) (Jepang)
  • 12 Juni 1998 (1998-06-12) (A.S.)
Durasi117 menit
NegaraJepang
BahasaJepang
Pendapatan
kotor
¥8,500,760,900

Love Letter adalah sebuah film drama Jepang yang disutradarai Shunji Iwai menampilkan Miho Nakayama. Syuting hampir seluruhnya dilakukan di Hokkaidō, terutama di kota Otaru.

Love Letter menjadi hit box-office di Jepang dan di negara-negara Asia Timur lainnya, terutama Korea Selatan, menjelma sebagai salah satu film Jepang pertama yang ditayangkan di bioskop sejak Perang Dunia II. Dan berhasil meraup sekitar 645.615 penonton.[1]

Sutradara Shunji Iwai mempekerjakan Noboru Shinoda sebagai sinematografer dan kolaborasi antara keduanya menghasilkan sebuah film yang dipuji karena sinematografi musim dinginnya yang menggugah.

Iwai berperan sebagai penyanyi pop Miho Nakayama dalam peran ganda Hiroko Watanabe dan Itsuki Fujii. Film ini juga meluncurkan karir Miki Sakai yang memenangkan Penghargaan pendatang baru di Penghargaan Akademi Jepang untuk perannya sebagai Itsuki Fujii muda. Peran utama laki-laki dimainkan oleh Etsushi Toyokawa sebagai Akiba Shigeru dan Takashi Kashiwabara laki-laki Itsuki Fujii.

Fine Line Features memperoleh semua hak distribusi Amerika dan merilisnya secara teatrikal dengan judul baru When I Close My Eyes.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "koreanfilm". koreanfilm. Retrieved March 04, 2012.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]