Louise dari Orléans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Louise
Potret Ratu Louise-Marie oleh Franz Xaver Winterhalter, sekitar 1841
Potret Ratu Louise-Marie oleh Franz Xaver Winterhalter, sekitar 1841
Permaisuri Belgia
Periode 9 Agustus 1832 – 11 Oktober 1850
Lahir 3 April 1812
Palermo, Sisilia
Wafat 11 Oktober 1850 (umur 38)
Ostend, Belgia
Nama lengkap
Louise Marie Thérèse Charlotte Isabelle d'Orléans
Wangsa Wangsa Orléans
Ayah Louis Philippe I, Raja Perancis
Ibu Maria Amalia dari Naples dan Sisilia
Pasangan Léopold I dari Belgia (m. 1832)
Anak
Louis-Philippe, Putra Mahkota Belgia
Léopold II dari Belgia
Pangeran Philippe, Pangeran Flanders
Carlota, Permaisuri Meksiko
Agama Katolik Roma
Tanda tangan Tanda tangan Louise dari Orléans

Louise-Marie dari Orléans (lahir dengan nama Louise Marie Thérèse Charlotte Isabelle di Palermo, 3 April 1812 – meninggal 11 Oktober 1850 pada umur 38 tahun) adalah Putri Orléans yang menjadi permaisuri Belgia pertama dari pernikahannya dengan Léopold I dari Belgia pada 1832.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Putri Louise dari Orléans lahir di Palermo, Sisilia pada 3 April 1812. Ayahnya adalah raja masa depan Perancis, Louis Philippe I dan Putri Maria Amalia dari Kerajaan Dua Sisilia.

Dalam tahun-tahun formatif, pengaruh pendidikan dasarnya adalah ibunya dan bibinya, Putri Adelaide dari Orleans yang juga memiliki pengaruh yang besar pada membujuk ayahnya untuk menerima mahkota Perancis. Putri Louise adalah seorang wanita muda 18 tahun yang cantik ketika Louis Philippe menjadi "Raja Perancis" dan dia sangat memuja ayahnya, meskipun ia menghabiskan lebih banyak waktu dengan ibunya yang memiliki dampak yang lebih besar pada hidupnya. Dia adalah seorang gadis yang agak pemalu dengan kepribadian menarik dan ramah dan disipasi penuh kasih. Kemegahan dan keindahan memiliki sedikit banding kepadanya, ia punya sikap rendah hati dan lebih suka menghabiskan waktunya dengan karya seni, membaca dan menulis surat. Dari ibunya ia mewarisi pengabdian tulus kepada Gereja Katolik. Dia tidak sepenuhnya senang ketika ayahnya menjadi Raja, suatu tindakan yang menyebabkan perpecahan di Keluarga Kerajaan Perancis.

Pernikahan dan Keluarga[sunting | sunting sumber]

Pernikahannya dengan Léopold
Dari kiri ke kanan, calon Raja Léopold II, Raja Léopold I, Putri Charlotte, Ratu Louise-Marie dan Pangeran Philippe

Sang Putri hanya berusia dua puluh tahun ketika ia diberitahu bahwa semua telah diatur baginya untuk menikah dengan Léopold I dari Belgia. Ide menikah dengan orang asing, dan Protestan Jerman itu tidak menarik baginya dan ada banyak air mata. Dia adalah seorang Lutheran, ia adalah seorang Katolik, ia adalah seorang yang berpengalaman, tentara veteran dan ia adalah makhluk yang penuh kasih yang membenci pertumpahan darah untuk alasan apapun. Dia tinggi, gelap dan tampan saat dia kecil, pirang dan di matanya sendiri setidaknya jauh dari keindahan. Meskipun demikian, ia telah dipilih dengan cermat untuk menjadi Ratu pertama Belgia. Hubungan persahabatan dengan Perancis yang penting untuk mempertahankan dan Belgia adalah negara Katolik dan itu akan membuat segalanya lebih mudah pada raja Protestan memiliki permaisuri Katolik dan ahli waris Katolik untuk menggantikannya.

Pada tanggal 9 Agustus 1832 Putri Louise dan Raja Belgia menikah di Château de Compiègne, Perancis[1] dalam sebuah upacara sipil, upacara Protestan dan upacara Katolik.

Dari pernikahannya dengan Raja Belgia, ia memiliki 4 anak yaitu: Pangeran Louis-Philippe yang berumur pendek, lahir pada tahun 1833, calon Raja Léopold II, lahir pada tahun 1835, Pangeran Philippe, Pangeran Flanders, lahir pada tahun 1837 dan terakhir Putri Charlotte, calon Ratu Carlota dari Meksiko, lahir pada tahun 1840.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Kematian Ratu Louise-Marie pada 1850

Seperti tahun-tahun berlalu ia menjadi lebih religius dan khawatir tentang jiwa suami Protestannya dan dia khawatir tentang bagaimana anaknya, Leopold II, akan memerintah ketika takhta datang kepadanya karena sifatnya ditarik dan ketidakmampuannya bermain dengan baik dengan orang lain. Dibebani oleh kekhawatiran tersebut, kesehatannya mulai gagal dan ia menjadi semakin lemah dan halus. Pada akhirnya, dia menderita TBC dan meninggal di Ostend pada 11 Oktober 1850. Kerajaan Belgia pergi ke dalam suasana berkabung yang mendalam di kematiannya. Dia adalah seorang wanita yang hebat dan indah juga Ratu dan istri yang berbakti, ibu yang peduli dan ratu yang penuh kasih. Louise-Marie dikuburkan di Laeken tepatnya Gereja Our Lady Laeken di Brussels.[2]

Makam Louise-Marie dan suaminya, Leopold

Referensi[sunting | sunting sumber]

Louise dari Orléans
Wangsa Orléans
Cabang kadet Wangsa Bourbon
Lahir: 3 April 1812 Wafat: 11 Oktober 1850
Belgia
Jabatan baru Permaisuri Belgia
1832–1850
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Marie Henriette dari Austria