Long Black

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Secangkir long black

Long Black adalah salah satu jenis kopi yang umumnya tersedia di Australia dan Selandia Baru. Long Black mirip dengan Americano, tetapi memiliki aroma dan cita rasa yang lebih kuat.[1][2]

Secangkir long black dibuat dengan menuangkan dua seloki espreso atau ristreto ke atas air panas. Air yang dituangkan umumnya berkisar 100-120 ml, tetapi hal ini kembali ke selera masing-masing.[3] Semakin sedikit air yang digunakan daripada Amerikano, semakin kuat pula cita rasa yang keluar. Umumnya air yang digunakan dipanaskan di mesin espreso juga.[4] Long Black mirip dengan Amerikano, bedanya, Amerikano dibuat dari menuangkan air panas ke dalam dua seloki espreso atau ristreto (prosesnya berkebalikan dari long black). Kedua cara tersebut dapat mempertahankan krema dengan cukup baik, meski krema pada long black mungkin akan tampak lebih jelas.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Why You Should Stop Drinking Long Blacks and Start Drinking Black Coffee". perth·coffee·project. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  2. ^ Rankin, Beth (2 March 2018). "LDU Brings Australian Coffee Culture to Fitzhugh Avenue". Dallas Observer. Diakses tanggal 19 March 2018. Espresso is a big part of this menu. Try the long black ($3 to $3.50), a double shot of espresso over hot water, comparable to an Americano. 
  3. ^ Holden, Matt (2014-04-15). "The perfect long black". Good Food (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-01-10. 
  4. ^ "Brewing the Best Long Black". Guide2Coffee.com. Diakses tanggal 27 April 2014.