Lompat ke isi

Lola Beltrán

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lola Beltrán

Lola Beltrán (7 Maret 1932 – 24 Maret 1996) adalah seorang penyanyi dan pemeran asal Meksiko. Ia lahir dan dibesarkan dalam keluarga kelas pekerja di El Rosario, Sinaloa, Meksiko. Pada tahun 1953, ia dan ibunya pindah ke Kota Meksiko untuk mengejar karirnya sebagai penyanyi. Setelah mendapatkan pekerjaan sebagai sekretaris stasiun radio populer, Beltrán mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam kontes menyanyi di udara.

Dia tidak hanya menang, para produser begitu terkesan sehingga mereka membantunya mendapatkan kontrak rekaman. Beltrán mulai menyanyikan lagu-lagu populer di udara dan bahkan mendapatkan acara radio sendiri, tetapi dia memiliki impian yang lebih besar. Bekerja dengan para pencipta lagu, Beltrán menciptakan cerita tentang karakter-karakter yang berjuang dan mendapatkan penebusan.

Suaranya yang melankolis dan sensibilitasnya membuatnya dikenal oleh orang-orang di seluruh Meksiko, dan lagu-lagu seperti “Cucurrucucu Paloma” dan “Cielito Lindo” membuatnya menjadi bakat yang dicari-cari. Meskipun dia menyanyikan tentang orang-orang kelas pekerja di negara itu, dia berhasil menarik perhatian penonton dari berbagai lapisan masyarakat.

Ia menjadi penyanyi Ranchera pertama yang tampil di El Palacio de Bellas Artes di Kota Meksiko. Selama karirnya, ia membuat 100 album dan membintangi 50 film.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]