Lok Sabha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lok Sabha
Coat of arms or logo
Jenis
Jenis
Pimpinan
Kepala parlemen
Pemimpin mayoritas
Pemimpin oposisi
Anggota543
Tempat bersidang
Loksabha.jpg
Sansad Bhavan
Situs web
loksabha.nic.in

Lok Sabha , secara konstitusional adalah Dewan Rakyat , adalah majelis rendah Parlemen bikameral India , dengan majelis tinggi adalah Rajya Sabha . Anggota Lok Sabha dipilih oleh hak pilih universal dewasa dan sistem first-past-the-post untuk mewakili daerah pemilihan mereka masing-masing , dan mereka memegang kursi mereka selama lima tahun atau sampai badan tersebut dibubarkan oleh Presiden atas saran dari Dewan Menteri . Rumah itu bertemu di Lok Sabha Chambers di Sansad Bhavan , New Delhi .

Keanggotaan maksimum DPR yang ditentukan oleh Konstitusi India adalah 552  (Awalnya, pada tahun 1950, adalah 500). Saat ini, dewan memiliki 543 kursi yang terdiri dari pemilihan hingga 543 anggota terpilih dan maksimal. Antara tahun 1952 dan 2020, 2 anggota tambahan komunitas Anglo-India juga dinominasikan oleh Presiden India atas saran Pemerintah India , yang dihapuskan pada Januari 2020 oleh Undang-Undang Amandemen Konstitusi ke-104, 2019 .  Parlemen baru memiliki kapasitas tempat duduk 888 untuk Lok Sabha.

Sebanyak 131 kursi (24,03%) disediakan untuk perwakilan Kasta Terdaftar (84) dan Suku Terdaftar (47) . Kuorum DPR adalah 10% dari total anggota. Lok Sabha, kecuali lebih cepat dibubarkan, terus beroperasi selama lima tahun sejak tanggal yang ditentukan untuk pertemuan pertamanya. Namun, sementara proklamasi keadaan darurat sedang berlangsung, periode ini dapat diperpanjang oleh Parlemen dengan undang-undang atau dekrit.

Latihan untuk menggambar ulang batas-batas daerah pemilihan Lok Sabha dilakukan oleh Komisi Pembatasan Batas India setiap dekade berdasarkan sensus India , yang terakhir dilakukan pada tahun 2011 .  Latihan ini sebelumnya juga mencakup redistribusi kursi di antara negara bagian berdasarkan perubahan demografis tetapi ketentuan mandat komisi tersebut ditangguhkan pada tahun 1976 setelah amandemen konstitusi untuk memberi insentif pada program keluarga berencana yang sedang dilaksanakan.  Lok Sabha ke - 17 terpilih pada Mei 2019 dan merupakan yang terbaru hingga saat ini.

Lok Sabha memiliki saluran televisi sendiri, Lok Sabha TV , yang berkantor pusat di dalam gedung Parlemen.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]