Llwyd ap Cil Coed

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Llwyd ap Cil Coed adalah karakter dalam cabang Ketiga Tetralogi Mabinogi, yang dikenal juga sebagai kisah Manawydan ap Llŷr.

Peran dalam Cabang Ketiga[sunting | sunting sumber]

Llwyd adalah teman Gwawl ap Clud, yang telah dihina oleh Pwyll di Cabang Pertama. Llwyd memutuskan untuk membalas penghinaan ini pada Pryderi putra Pwyll dengan membuat tandus dan mengosongkan kerajaan Dyfed. Kemudian, melalui mangkuk ajaib di benteng misterius, dia memenjarakan Pryderi dan Rhiannon, janda Pwyll dan ibu Pryderi. Llwyd rupanya membuat Rhiannon menanggung beban kudanya, sementara Pryderi harus membawa palu gerbang, saat mereka berada dalam tawanan.

Hanya Manawydan, suami baru Rhiannon, dan istri Pryderi, Cigfa, yang tetap tinggal di Dyfed. Mereka mencoba menanam biji-bijian, tetapi tanaman mereka dihancurkan oleh tikus. Manawydan berusaha mengusir hama, dan berhasil menangkap satu tikus yang gemuk dan lebih lambat dari yang lain, ia mulai menggantungnya karena pencurian. Seorang pendeta, seorang imam, dan seorang uskup datang satu per satu dan memohon Manawydan untuk melepaskan tikus itu, tetapi dia menolak sampai uskup setuju untuk menghapus mantra dari Dyfed. Uskup itu akhirnya mengungkapkan dirinya sebagai Llwyd yang menyamar, dan mengakui bahwa para tikus benar-benar pembantunya yang berubah menjadi tikus secara ajaib. Tikus yang digantung itu adalah istrinya yang sedang hamil, Gwenaby, tetapi Manawydan menolak untuk membebaskannya sampai Llwyd juga melepaskan Rhiannon dan Pryderi dan berjanji untuk tidak membalas dendam lagi. Llwyd menyetujui persyaratan ini, dan mengubah istrinya kembali menjadi wanita cantik.

Penampilan Lain[sunting | sunting sumber]

Sebuah karakter bernama Llwydeu ap Cilcoed muncul di awal Arthurian dalam cerita Culhwch dan Olwen di mana ia disebut sebagai salah satu dari banyak ksatria istana Arthur. Setelah mencuri kuali dari Diwrnach si pria Irlandia, Arthur dan anak buahnya mendarat di rumah Llywdeu di Porth Cerddin di Dyfed.