Linke-Hofmann-Busch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trem buatan Linke-Hofmann yang dipreservasi, Kraków, Polandia

Linke-Hofmann-Busch dulunya adalah sebuah produsen lokomotif dan bakal pelanting asal Jerman yang didirikan di Breslau. Perusahaan ini bermula dari bisnis pembuatan roda milik Gottfried Linke yang dibuka pada tahun 1834. Sejak tahun 2009, perusahaan ini menjadi bagian dari Alstom dengan nama ALSTOM Transport Germany GmbH.

Selama Perang Dunia I, Linke-Hofmann-Busch merupakan salah satu perusahaan di Jerman yang diseret ke industri pesawat terbang, walaupun mereka tidak memiliki pengalaman apapun sebelumnya mengenai perancangan pesawat terbang.

Linke-Hofmann-Busch pertama kali masuk ke industri pesawat terbang dengan memperbaiki dan memproduksi pesawat terbang yang dirancang oleh perusahaan lain, di bawah lisensi, seperti Roland C.IIa, Albatros B.IIa, C.III, dan C.X. Pada tahun 1916, Linke-Hofmann-Busch berhasil memenangkan kontrak perancangan dan produksi pesawat pengebom bermesin empat, dengan nama Riesenflugzeug ("pesawat raksasa"). Dua rancangan pun dibuat purwarupanya, yakni R.I dan R.II. R.I tidak sukses, sementara Linke-Hofmann R.II dapat terbang dengan baik. Namun akhirnya perang selesai sebelum rancangan ini diproduksi secara massal. Pasca perang, upaya perusahaan ini untuk membuat R.II sebagai pesawat penumpang dan kargo dilarang oleh Komisi Sekutu yang khawatir bahwa pesawat pengebom ini dapat memicu terjadinya perang kembali.

Kereta LHB milik Indian Railways

Kereta LHB milik Indian Railways pun didasarkan pada rancangan yang dikembangkan oleh Linke-Hofmann-Busch.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Pafawag, bekas pabrik Linke-Hofmann di Wroclaw (Breslau), yang dinasionalisasi pada tahun 1945

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • The German Giants, The Story of the R-planes 1914-1919, G.W Haddow & Peter M. Grosz, 1963. Published by Putnam & Company 42 Great Russell Street London
  • Gunston, Bill (1993). World Encyclopedia of Aircraft Manufacturers. Annapolis: Naval Institute Press. hlm. 183. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]