Lingkungan (permukiman)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ketetanggaan Chelsea Manhattan di Kota New York.

Lingkungan bertetangga, lingkungan hunian, ketetanggaan (terkadang juga disebut sebagai permukiman) adalah komunitas yang terlokalisasi secara geografis di dalam kota, kota kecil, pinggiran kota, atau daerah pedesaan yang lebih besar, kadang-kadang terdiri dari satu jalan dan bangunan yang melapisinya. Ketetanggaan biasanya merupakan komunitas sosial dengan interaksi tatap muka yang cukup besar antara anggota. Para peneliti belum menyepakati definisi yang tepat, tetapi berikut ini dapat berfungsi sebagai titik awal: "Lingkungan bertetangga umumnya didefinisikan secara spasial sebagai wilayah geografis tertentu dan secara fungsional sebagai seperangkat jaringan sosial. Tetangga, kemudian, adalah unit spasial di mana interaksi sosial tatap muka terjadi-pengaturan pribadi dan situasi di mana warga berusaha untuk mewujudkan nilai-nilai umum, sosialisasi pemuda, dan mempertahankan kontrol sosial yang efektif.[butuh klarifikasi] [1]

Kota-kota praindustri[sunting | sunting sumber]

Dalam kata-kata cendekiawan urban Lewis Mumford, "Ketetanggaan, dalam beberapa cara yang menjengkelkan dan tidak masuk akal ada di mana pun manusia berkumpul, di tempat tinggal keluarga permanen; dan banyak fungsi kota cenderung didistribusikan secara alami—yaitu, tanpa teoretis apa pun. keasyikan atau arah politik-ke lingkungan." [2] Sebagian besar kota paling awal di seluruh dunia yang digali oleh para arkeolog memiliki bukti keberadaan lingkungan sosial.[3] Dokumen sejarah menyoroti kehidupan lingkungan bertetangga di banyak kota praindustri atau non-barat bersejarah.[4]

Ketetanggaan biasanya dihasilkan oleh interaksi sosial antara orang-orang yang tinggal di dekat satu sama lain. Dalam pengertian ini mereka adalah unit sosial lokal yang lebih besar dari rumah tangga yang tidak secara langsung berada di bawah kendali pejabat kota atau negara bagian. Dalam beberapa tradisi perkotaan praindustri, fungsi dasar kota seperti perlindungan, pengaturan sosial kelahiran dan perkawinan, pembersihan dan pemeliharaan ditangani secara informal oleh ketetanggaan sekitar dan bukan oleh pemerintah kota; pola ini didokumentasikan dengan baik untuk kota-kota Islam bersejarah.[5]

Selain ketetanggaan sosial, sebagian besar kota kuno dan bersejarah juga memiliki distrik administratif yang digunakan oleh pejabat untuk perpajakan, pencatatan, dan kontrol sosial.[6] Distrik administratif biasanya lebih besar dari lingkungan hunian dan batas-batasnya mungkin melintasi divisi lingkungan hunian. Namun, dalam beberapa kasus, distrik administratif bertepatan dengan lingkungan hunian, yang menyebabkan pengaturan kehidupan sosial tingkat tinggi oleh para pejabat. Misalnya, pada periode T'ang ibu kota Cina Chang'an, lingkungan bertetangga adalah distrik dan ada pejabat negara yang dengan hati-hati mengontrol kehidupan dan aktivitas di tingkat ketetanggaan.[7]Contoh sederhana lainnya dari distrik administratif adalah adanya lingkup kecamatan, kelurahan, RT dan RW.

Permukiman di kota-kota praindustri sering kali memiliki tingkat spesialisasi atau diferensiasi sosial tertentu. Lingkungan bertetangga etnis penting di banyak kota masa lalu dan tetap umum di kota-kota saat ini. Spesialis ekonomi, termasuk produsen kerajinan, pedagang, dan lain-lain, dapat terkonsentrasi di lingkungan bertetangga, dan dalam masyarakat dengan lingkungan bertetangga pluralisme agama sering dikhususkan oleh agama. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kekhasan lingkungan bertetangga dan kohesi sosial di kota-kota masa lalu adalah peran migrasi desa ke kota. Ini adalah proses yang berkelanjutan di kota-kota praindustri, dan para migran cenderung pindah dengan kerabat dan kenalan dari masa lalu pedesaan mereka.[8]

Sosiologi[sunting | sunting sumber]

Sosiologi ketetanggaan adalah subbidang sosiologi perkotaan yang mempelajari komunitas lokal [9] [10] Lingkungan bertetangga juga digunakan dalam studi penelitian dari kode pos dan kesenjangan kesehatan, untuk korelasi dengan tingkat putus sekolah atau penggunaan narkoba.[11] Beberapa perhatian juga telah dicurahkan untuk melihat lingkungan bertetangga sebagai demokrasi skala kecil, diatur terutama oleh gagasan timbal balik antara tetangga.[12]

Peningkatan[sunting | sunting sumber]

Permukiman telah menjadi tempat penyampaian layanan atau "intervensi layanan" sebagian sebagai upaya untuk menyediakan layanan lokal yang berkualitas, dan untuk meningkatkan derajat kontrol dan kepemilikan lokal.[13] Alfred Kahn, sejak pertengahan 1970-an, menggambarkan "pengalaman, teori, dan mode" penyampaian layanan lingkungan bertetangga selama dekade sebelumnya, termasuk diskusi tentang transfer pendapatan dan kemiskinan.[14] Tetangga, sebagai aspek inti dari komunitas, juga merupakan tempat layanan bagi remaja, termasuk anak-anak penyandang disabilitas [15] dan pendekatan terkoordinasi untuk populasi berpenghasilan rendah.[16] Sementara istilah organisasi lingkungan bertetangga[17] tidak umum pada tahun 2015, organisasi ini seringkali bersifat nirlaba, kadang-kadang akar rumput atau bahkan pusat atau cabang pengembangan komunitas yang didanai inti.

Aktivis pembangunan masyarakat dan ekonomi telah mendesak untuk reinvestasi di masyarakat lokal dan lingkungan bertetangga. Pada awal tahun 2000-an, Korporasi Pengembangan Masyarakat, Jaringan Rehabilitasi, Korporasi Pengembangan Ketetanggaan, dan organisasi Pengembangan Ekonomi akan bekerja sama untuk menangani stok perumahan dan infrastruktur komunitas dan lingkungan bertetangga (misalnya, pusat komunitas).[18] Pembangunan Komunitas dan Ekonomi dapat dipahami dengan cara yang berbeda, dan mungkin melibatkan kelompok dan jemaat "berbasis agama" di kota-kota.[19]

Sebagai satu kesatuan dalam desain perkotaan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1900-an, Clarence Perry menggambarkan gagasan unit ketetanggaan sebagai kawasan pemukiman mandiri di dalam kota. Konsep tersebut masih berpengaruh dalam New Urbanism. Praktisi berusaha untuk menghidupkan kembali sosialisasi tradisional di perumahan pinggiran kota yang direncanakan berdasarkan seperangkat prinsip. Pada saat yang sama, lingkungan bertetangga adalah tempat intervensi untuk menciptakan Kota dan Komunitas Ramah Usia (AFCC) karena banyak lansia cenderung memiliki ruang hidup yang lebih sempit. Studi desain perkotaan dengan demikian menggunakan lingkungan bertetangga sebagai unit analisis.[20]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Schuck, Amie and Dennis Rosenbuam 2006 "Promoting Safe and Healthy Neighborhoods: What Research Tells Us about Intervention." The Aspen Institute.
  2. ^ Mumford, Lewis (1954). The Neighborhood and the Neighborhood Unit. Town Planning Review 24:256–270, p. 258.
  3. ^ For example, Spence, Michael W. (1992) Tlailotlacan, a Zapotec Enclave in Teotihuacan. In Art, Ideology, and the City of Teotihuacan, edited by Janet C. Berlo, pp. 59–88. Dumbarton Oaks, Washington, D.C. Stone, Elizabeth C. (1987) Nippur Neighbourhoods. Studies in Ancient Oriental Civilization vol. 44. Oriental Institute, University of Chicago, Chicago
  4. ^ Some examples: Heng, Chye Kiang (1999) Cities of Aristocrats and Bureaucrats: The Development of Medieval Chinese Cityscapes. University of Hawai'i Press, Honolulu. Marcus, Abraham (1989) The Middle East on the Eve of Modernity: Aleppo in the Eighteenth Century. Columbia University Press, New York. Smail, Daniel Lord (2000). Imaginary Cartographies: Possession and Identity in Late Medieval Marseille. Cornell University Press, Ithaca.
  5. ^ Abu-Lughod, Janet L. (1987) The Islamic City: Historic Myth, Islamic Essence, and Contemporary Relevance. International Journal of Middle East Studies 19:155–176.
  6. ^ Dickinson, Robert E. (1961) The West European City: A Geographical Interpretation. Routledge & Paul, London, p. 529. See also: Jacobs, Jane (1961) The Death and Life of Great American Cities. Random House, New York, p. 117.
  7. ^ Xiong, Victor Cunrui (2000) Sui-Tang Chang'an: A Study in the Urban History of Medieval China. Center for Chinese Studies, University of Michigan, Ann Arbor.
  8. ^ Kemper, Robert V. (1977) Migration and Adaptation: Tzintzuntzan Peasants in Mexico City. Sage Publications, Beverly Hills. Greenshields, T. H. (1980) "Quarters" and Ethnicity. In The Changing Middle Eastern City, edited by G. H. Blake and R. I. Lawless, pp. 120–140. Croom Helm, London.
  9. ^ Wellman, B. & Leighton, B. (1979, March). Networks, neighbourhoods and communities: Approaches to the study of the community question. Urban Affairs Quarterly, 14(3): 363-390.
  10. ^ Warren, D. (1977). The functional diversity of urban neighbourhoods. Urban Affairs Quarterly, 13(2): 151-180.
  11. ^ Overman, H.G. (2002). Neighborhood effects in large and small neighborhoods. Urban Studies, 39(1): 117-130.
  12. ^ Rosenblum, Nancy L. (2020-12-01). "The Democracy of Everyday Life in Disaster: Holding Our Lives in Their Hands". Democratic Theory. 7 (2): 69–74. doi:10.3167/dt.2020.070209. ISSN 2332-8894. 
  13. ^ King, B. & Meyers, J. (1996). The Annie E. Casey Foundation's mental health initiative for urban children. (pp. 249-261). In: B. Stroul & R.M. Friedman, Children's Mental Health. Baltimore, MD: Paul H. Brookes.
  14. ^ Kahn, A.J. (1976). Service delivery at the neighborhood level: Experience, theory and fads. Social Service Review, 50(1): 23-56.
  15. ^ Kutash, K., Duchnowski, A.J., Meyers, J. & King, B. (1997). Ch. 3: Community and neighborhood-based services for youth. In: S. Henggeler & A. B. Santor, Innovative Approaches to Difficult to Treat Populations. Washington, DC: American Psychiatric Press.
  16. ^ Riessman, F. (1967). A neighborhood-based mental health approach. (pp.1620184). In: E. Cowen, E. Gardier, & M. Zak, Emergent Approaches to Mental Health Problems. NY, NY: Appleton-Century-Crofts.
  17. ^ Cunningham, J V. & Kotler, M. (1983). Building Neighborhood Organizations. Notre Dame & London: Notre Dame Press.
  18. ^ Rubin, H.J. (2000). Renewing Hope Within Neighborhoods of Despair: The Community-Based Development Model. Albany, NY: State University of New York.
  19. ^ Mc Roberts, O.M. (2001, January/February). Black Churches, community and development. Shelterforce Online. Washington, DC: Author. at nhi.org
  20. ^ Gan, Daniel R. Y.; Fung, John Chye; Cho, Im Sik (2019). "Neighborhood Experiences of People Over Age 50: Factor Structure and Validity of a Scale". The Gerontologist. 60 (8): e559–e571. doi:10.1093/geront/gnz111. PMID 31504478.