Lompat ke isi

Lingkung main

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lingkung main kayu tradisional

Lingkung main (bahasa Inggris : playpen) dalah perabot yang digunakan untuk menampung bayi atau balita di area tertentu untuk mencegah anak tersebut mengalami bahaya ketika orang tua atau walinya sedang sibuk atau jauh sambil menjaga anak tetap sibuk dengan mainan yang dapat ditempatkan di dalamnya.

Lingkung main secara tradisional terbuat dari kayu, dan terdiri dari anjungan persegi panjang datar, biasanya berbentuk persegi, dengan palang vertikal di keempat sisinya, sehingga anak dapat melihat keluar. Lantai lingkung main biasanya berupa alas empuk. Dinding arena bermain biasanya lebih tinggi dari tinggi anak, untuk menghindari cedera saat memanjat; lingkung main mungkin juga memiliki penutup yang bisa dilepas. Masih banyak lagi rancangan yang modern dan mudah alih.

Lingkung main modern bersifat portabel dan biasanya terdiri dari sistem pendukung logam dan plastik dasar serta sisi jaring, plastik lembut, atau nilon. Keranjang bayi opsional yang dapat dilepas dapat dipasang di bagian atas agar anak dapat tidur atau diganti hingga usia empat bulan. Beberapa model memiliki perlengkapan seperti ponsel, saku samping untuk perlengkapan dan mainan, perlengkapan meja ganti, lampu malam, kotak musik, dan penyesuai semat untuk pemutar CD agar anak dapat mendengarkan musik sambil tidur atau bermain. Lingkung main mudah alih tersedia dalam berbagai ukuran, tetapi sebagian besar diharapkan dapat dilipat menjadi gulungan kecil untuk memudahkan penyimpanan dan pengangkutan.

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]

Templat:Infants and their care