Limau Manis, Kemuning, Indragiri Hilir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Limau Manis
Negara Indonesia
ProvinsiRiau
KabupatenIndragiri Hilir
KecamatanKemuning
Kode pos
29274
Kode Kemendagri14.04.14.2008
Luas24 km²
Jumlah penduduk1078 jiwa
Kepadatan1078 jiwa/km²

Limau Manis merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, provinsi Riau, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SEJARAH DESA Desa Limau Manis sebelumnya nama LABUHAN TUPAI Dulu ada Kampung di Desa Limau Manis namanya MENYANGGUL dengan beriringnya waktu kampung itu telah tinggal hingga saat ini kenapa Desa ini dinamakan Desa Limau Manis konon kishnya disini sebelumnya terdapat "Pohon Limau" yang sangat besar dimiliki oleh ketua kampung namanya JUNAN dan sahabatnyat PADAN, pohon ini menjulang tinggi sekali di perkirakan per 13 Meter ke atas dengan buah yang sangat besar dan sangat manis tanpa menggunakan pupuk dan lainnya, orang di Desa ini menamainya MANIS karena rasanyabyang sangat manis maka dinamakanlah Limau Manis karena bertempat tinggal di kampung ini maka oleh orang tua terdahulu dinamakanlah Kampung Limau Manis dengan berkembangnya waktu Kampung ini sudah berubah menjadi Desa dengan sebutan DESA LIMAU MANIS denga di Pimpin oleh Kepala Desa bernama ABDUL WAHAB kurang lebih kepemimpinannya beliau selama 30 Tahun lamanya, ini adalah Kepala Desa Pertama di Desa Limau Manis bukan hanya itu, di Desa Limau Manis juga terdapat peristiwa-peristiwa bersejarah seperti: CERITA PENDAM BERTUJUH, konon cerita ini Tujuh Anak Raja yang mati akibat di tawan oleh Ular Penjelmaan Anak Raja yang jahat, kemudian di kuburkan di lokasi yang sama ketujuh Gadis tersebut dinamakanlah PENDAM BERTUJUH, kemudian sejarah DATUK KELAMBU API kuburannya hampir mencapai 7 Meter panjangnya, namun tidak di muat begitu jelas sejarahnya. Hingga saat ini pun berita bersejarah ini pun tidak di publikasikan.

KEPALA DESA KEDUA: HAZUARDI, Beliau adalah mentu dari bapak ABDUL WAHAB yang di tunjuk secara langsung oleh beliau sebagai penggantinya kurang lebih Pemerintahannya 10 Tahun lamanya, kemudian di lanjutkan Kepala Desa PJS yang bernama SALMAN ALFARIZI.

KEPALA DESA KETIGA: MANSUN kurang lebih masa jabatannya 8 Tahun lamanya, kemudian dilanjutkan PJS yang bernama HALIM SAHIR yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Desa, Desa Limau Manis.

KEPALA DESA KE EMPAT: Bernama RUSDI.M yang saat ini telah berkhir masa jabatannya sudah mencapai 6 Tahun lamanya, dan saat ini, telah di gantikan oleh PJ Kepala Desa Limau Manis bernama ELOP ANDIANTO yang saat ini menjabat sebagai KASI STRANTIB di Kantor Kecamatan Kemuning, Maka dengan berakhirnya masa Jabatan Kepala oleh ELOP ANDIANTO pada tanggal 26 Agustus 2017,dengan berakhirnya Jabatan Kepala Desa tersebut maka diadakan Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa PILKADES dalam Pesta Demokrasi terseut diikuti oleh 4 orang Calon Kandidat Kepala Desa dengan Nomor Urut 1. dipegang oleh RUSDI.M Nomor Urut 2. dipegang oleh HERMANSYAH Nomor Urut 3 dipegang oleh M. PAUZI dan Nomor Urut 4 dipagang oleh MUHAMMAD AMIN Maka dari masing-masing kadidat memperoleh Suara NOMOR URUT 1 = 235 SUARA, NOMOR URUT 2 DIPEROLEH = 343 SUARA, NOMOR URUT 3 DIPEROLEH = 145 SUARA dan NOMOR URUT 4 = 9 SUARA Sedangkan SUARA yang tidak sah dikala itu adala 4 SUARA, Maka dari Hasil Demokrasi PEMILIHAN KEPALA DESA tersebut di Menangkan oleh kandidat Calon NOMOR URUT 2. HERMANSYAHdan berdasarkan hasil perolehan suara tertinggi 343 SUARA yang disamapaikan ke KPU Kabupaten,maka pada tanggal 14 Oktober 2017 BUPATI INDRAGIRI HILIR: H. MUHAMMAD WARDAN,MP mengeluarkan SURAT KEPUTUSAN (SK) . Dinyatakan Kepala Desa Terpilih NOMOR URUT 2 Desa Limau Manis yang menjadi KEPALA DESA KE LIMA bernama HERMANSYAH, saat ini Desa Limau Manis telah terbentuk 5 RT dan 3 RW, terbagi 3 Dusun yaitu 1. Dusun Masa Depan 2. Dusun Danau Keruh 3. Dusun Simpang Tiga, dengan jumlah penduduk laki-laki 523 Jiwa, perempuan: 556 Jiwa dan jumlah Kk 315 KK. Inilah sejarah singkat Desa Limau Manis.

Desa Limau Manis adalah Desa yang sangat strategis terletak di Jl. Penunjang Menuju Indragiri Hilir, provinsi Riau, Indonesia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]