Liga Thessalia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Liga Tesalia)
Teater kuno Magnisia, Thessalia, Yunani.

Liga Thessalia merupakan konfederasi longgar dari layaknya feodal negara-kota dan suku-suku di dataran Thessalia di Yunani. Kursi dewan Thessalia terletak di Larissa.

Organisasi dan Perang Sipil[sunting | sunting sumber]

Sejarah Liga Thessalia dapat ditelusuri kembali ke masa pemerintahan raja Alevas, anggota wangsa Alevadai. Satu sumber menyatakan bahwa di bawah Alevas, Thessalia dibagi menjadi empat wilayah. Beberapa waktu setelah kematian Alevas, diyakini bahwa Alevadai terbagi menjadi dua keluarga, Alevadai dan Skopadai. Yang pertama bermarkas di kota Larissa, yang kemudian menjadi ibu kota Liga. Kedua keluarga membentuk dua partai aristokrat yang kuat dan memiliki pengaruh besar atas Thessalia.[1]

Iason dan Makedonia[sunting | sunting sumber]

Peta wilayah pusat Yunani Kuno

Kurangnya catatan membuat sulit untuk memiliki rincian kehidupan atau politik Thessalia sampai abad ke-5 SM, ketika catatan membahas kebangkitan keluarga Thessalia lain — dinasti Ferai. Dinasti Ferai berangsur-angsur naik untuk mempertahankan kekuasaan dan pengaruh besar atas orang-orang Thessalia, menantang kekuatan Alevadai. Pada tahun 374 SM, Ferai dan Alevadai disatukan dengan populasi umum, pertanian Thessalia oleh Iason dari Ferai. Organisasi militer Iason dan bekerja untuk menyatukan negara menantang pengaruh Makedonia atas Thessalia. Makedonia telah meninggalkan warisan mengadu domba kota-kota Yunani satu sama lain untuk mencegah munculnya negara nasional yang kuat. Untuk tujuan ini, Raja Arkhelaos dari Makedonia telah merebut provinsi-provinsi perbatasan Thessalia untuk waktu yang cukup lama dan mengambil putra-putra para bangsawan Thessalia sebagai sandera. Namun, menurut satu sumber, "pasukan Iason dikatakan berjumlah delapan ribu kavaleri dan dua puluh ribu tentara bayaran hoplites, sebuah kekuatan yang cukup besar untuk mendorong ayahanda Filipus untuk mencari pakta non-agresi dengannya."[2]

Akhir abad keempat dan awal ketiga menyaksikan kedamaian yang tidak menyenangkan, yang disela oleh munculnya perang saudara.

Sementara Sparta mendirikan dominasi di tempat lain di Yunani, Iason memperkuat Liga Thessalia dan beraliansi dengan Makedonia dan Liga Boiotia (374 SM). Kepemimpinannya memberi Liga kesatuan dan kekuatan.[3] Pada tahun 370 SM, sementara Thessalia masih sibuk dengan intervensi Makedonia, Iason dibunuh dan digantikan oleh keponakannya, Alexandros II, yang menunjukkan perilaku tirani yang keterlaluan.[4] Akibatnya, keluarga aristokrat tradisional dari berbagai kota membentuk aliansi militer melawan Alexandros II dari Ferai. Setelah negara bersatu, Thessalia jatuh dalam ketidakstabilan politik setelah perkembangan ini. Dengan kurangnya kepemimpinan di antara orang-orang Thessalia, keluarga bangsawan mengambil alih kekuasaan pada abad ke-5 SM dalam upaya untuk mengakhiri wewenang pusat. Namun, konflik internal membagi Thessalia menjadi dua sisi: wilayah daratan barat Liga Thessalia dan kota pantai timur Ferai yang dikendalikan oleh para tiran.[5]

Seorang sejarawan berbicara tentang periode ini sebagai berikut, "Thessalia tetap terpecah secara politik dan karenanya tidak stabil, dan kekacauan perang sipil di wilayah itu menarik minat sejumlah orang luar: Boiotia, Athena, dan akhirnya Filipus II dari Makedonia." Pada tahun 364 SM, pasukan gabungan baru Angkatan Darat Thessalo-Boiotia, dipimpin oleh jenderal Thiva Pelopidas, berbaris ke Alexandros II dari Ferai untuk campur tangan dalam perang sipil. Ketika hasil militer belum diselesaikan, Pelopidas dipanggil untuk mengganggu dalam perjuangan yang berlarut-larut antara Alexandros II dan Ptolemy Aloros di Makedonia - namun jenderal Thiva mendesak penataan ulang Liga Thessalia pada waktu itu. Bagian terpenting dari penataan ulang adalah penggantian tagos oleh arkhon, dan organisasi kembali tentara Thessalia sesuai dengan empat tetrad dari Alevas. Kematian Pelopidas selama pertempuran menjamin perang sipil regional yang berkelanjutan. Pada akhir musim panas tahun 358 SM, kematian Alexandros II dari Ferai membuka jalan bagi penaklukan diplomatik Filipus terhadap Thessalia atas permintaan Kineas dari Larissa. Perang saudara di Thessalia berlangsung selama enam tahun hingga intervensi Filipus mengakhiri itu.

Perang[sunting | sunting sumber]

Liga dan Filipus dari Makedonia[sunting | sunting sumber]

Peta wilayah utara dan barat Yunani Kuno

Pada tahun 355 SM, Thiva meyakinkan beberapa anggota Liga Amfiktyonia untuk menyatakan perang terhadap Phokis, sesama anggota Liga. Thessalia memilih dengan Thiva, tetapi ketika jenderal Phokia Filomelos mengalahkan 6.000 pasukan yang diterjunkan oleh pasukan Thessalia, Thessalia dibagi menjadi wilayah yang berlawanan. Para tiran Ferai bersekutu dengan Athena untuk mendukung Phokis sementara Liga Thessalia tetap menentang Phokis dan mencari bantuan Filipus dari Makedonia. Filipus tertarik oleh potensi militer Liga Thessalia. Thessalia terkenal karena penangkaran kudanya serta keterampilan dan efektivitas kavaleri, dianggap sama dengan Companion Makedonia sendiri. Ketika Filipus menjawab panggilan untuk meminta bantuan dan merebut pelabuhan Ferai, ia menjadi sepenuhnya terlibat di sisi Thiva dari Perang Suci Ketiga. Intervensinya akhirnya menghasilkan kekalahan tirani Ferai pada sekitar tahun 353 SM dan ia terpilih sebagai presiden (arkhon) Liga Thessalia. Dipercaya dengan posisi ini seumur hidup, Filipus mampu menyatukan sumber daya dan tenaga dari Makedonia dan Thessalia untuk menciptakan aliansi yang kuat yang memberinya pengaruh luar biasa atas negara-negara Yunani.[6] Pada kematiannya, banyak kota Yunani bersukacita dan beberapa bangkit untuk mengusir, atau berusaha mengusir, garnisun Makedonia mereka. Pemberontakan ini mengakibatkan serbuan di dataran Peneios oleh Alexandros. Dihadapkan dengan tentara Makedonia tiba-tiba muncul di belakang mereka, dan memiliki sedikit waktu untuk mengatur perlawanan apa pun, Liga menyerah dan memilih Alexandros arkhon menggantikan ayahandanya.[7]

Liga dan Roma[sunting | sunting sumber]

Pada malam Perang Makedonia Kedua, Thessalia dibagi antara dua kekuatan dominan Aitolia dan Makedonia. Ketika legiun komandan Romawi Titus Quinctius Flamininus menginjakkan kakinya di daratan Yunani pada tahun 199 SM, dia dan sekutu Aitolia mengalahkan pasukan Thessalia di bawah Filipus V dari Makedonia pada pertempuran di Kinoskefalon pada tahun 197 SM, membawa perubahan sistematis dari batas-batas politik di Yunani tengah. Kemenangannya membuktikan superioritas legiun atas falangs dan pengaruh dan kendali Romawi menyebar ke seluruh Thessalia.

Pada akhir Perang Makedonia Kedua pada tahun 196 SM, Roma menetapkan Thessalia sebagai koinon, Liga Federal, dan mengembangkannya untuk menjadikannya bagian dari kekuatan hegemoni Yunani tengah dan utara.[8] Pada upacara Pertandingan Isthmi pada tahun 196 SM, Flamininus, yang terkait namanya dengan Senat Romawi, menyatakan sebuah dekrit yang menyatakan: "Senat Roma dan Titus Quinctius yang pro-konsul setelah mengalahkan Raja Filipus dan rakyat Makedonia, meninggalkan yang berikut ini orang-orang bebas, tanpa garnisun dan tidak tunduk dan diatur oleh hukum negara-negara mereka—Korintus, Phokia, Lokroi, Euboia, Fthiotik Akhaia, Magnisia, Thessalia, dan Perrhaivia". Oleh karena itu, Liga Thessalia mulai mengatur urusan mereka dengan kondisi tertib yang bijaksana untuk pertama kalinya dalam 150 tahun atau lebih kekacauan dan kekacauan. Flamininus mulai bertindak sebagai tokoh politik pusat dari Thessalia dan mengambil inisiasi untuk memulihkan pemerintah setempat, melalui pembentukan sensus baru dan membatasi kemungkinan kelas tinggi untuk memegang posisi magistrat dan dewan, yang mengarah ke liga federal yang stabil dari Thessalia. Di bawah kendali Romawi, Liga Thessalia secara bertahap meningkat dalam ukuran dan kekuatan sebagai sekutu yang setia dan memainkan peran penting dalam kampanye dan teater beroperasi selama perang saudara Romawi. Liga Thessalia adalah salah satu dari beberapa liga Yunani yang ditoleransi Romawi sampai tahun 146 SM, ketika komandan Romawi Mummius menghancur leburkan kota Korintus, membubarkan liga, dan secara tidak resmi menurunkan Yunani ke status provinsi.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith, William (1849). A Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology. Boston: Little, Brown, and Company. hlm. 108–109. 
  2. ^ Gabriel, R.A. (2010). Philip II of Macedonia: Greater Than Alexander. Washington, D.C.: Potomac Books. hlm. 13, 199. 
  3. ^ Botsford, George (1956). Hellenic History (edisi ke-4th). United States of America: New York: The MacMillan Company. hlm. 273. 
  4. ^ Lewis, Sian (2006). Ancient Tyranny. Edinburgh: Edinburgh University Press. hlm. 136. 
  5. ^ Ashley, James (2004). The Macedonian Empire: the Era of Warfare under Philip II and Alexander the Great, 359-323 B.C. McFarland & Company. hlm. 130–132. 
  6. ^ 1907-2001., Hammond, N. G. L. (Nicholas Geoffrey Lemprière), (1994). Philip of Macedon. Baltimore: Johns Hopkins University Press. hlm. 45–52. ISBN 0801849276. OCLC 29703810. 
  7. ^ Bury, J.D. (1937). A History of Greece. New York: New York: Modern Library. hlm. 725. 
  8. ^ Graninger, Denver (2011). Cult and Koinon in Hellenistic Thessaly. United States of America: Leiden:Brill. hlm. 7, 28, 40. 
  9. ^ Botsford, George; Robinson (1956). Hellenic History (edisi ke-4th). United States of America: New York: McMillan. hlm. 452–454.