Lexiko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lexiko adalah permainan menyusun huruf hingga membentuk kata. Penciptanya bernama Alfred Mosher Butts yang kemudian menyempurnakan permainan ini hingga nantinya dikenal sebagai Scrabble. Nama Lexiko diambil dari bahasa Yunani lexicos yang berarti "mengenai kata-kata".

Lexiko dimainkan dengan 100 keping huruf dari kertas karton dan merupakan bentuk awal permainan Scrabble. Distribusi huruf yang digunakan pada Lexiko juga digunakan untuk Scrabble, tetapi Lexiko belum menggunakan papan permainan. Pemain mengambil 9 keping huruf dari dalam kantong dan berusaha menyusun kata dari huruf-huruf yang dimiliki.

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Alfred Mosher Butts mulai merancang permainan Lexiko pada tahun 1931 setelah merasakan masih kurangnya permainan kata yang ada di pasaran waktu itu. Butts meneliti distribusi frekuensi kemunculan huruf di dalam artikel surat kabar dan berbagai media cetak untuk menentukan distribusi huruf yang ideal bagi permainan yang sedang dirancangnya. Permainan hasil rancangan Butts ternyata ditolak perusahaan mainan seperti Parker Brothers dan Milton Bradley. Sejumlah set permainan berhasil dijualnya sendiri, tetapi tidak berhasil menutup biaya produksi. Pada tahun 1938, Butts merancang lagi permainan papan yang merupakan pengembangan dari Lexiko, dan diberi nama "Criss-Cross Words".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]