Leptirica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Leptirica
Sampul DVD
SutradaraĐorđe Kadijević
Ditulis olehĐorđe Kadijević (screenplay)
Milovan Glišić (story)
PemeranMirjana Nikolić
Petar Božović
Slobodan Perović
Vasja Stanković
Tanggal rilis
1973
Durasi63 menit
NegaraYugoslavia
BahasaBahasa Serbia-Kroasia

Leptirica (bahasa Serbia: Лептирица, Wanita Kupu-kupu) adalah film televisi Yugoslavia tahun 1973 yang didasarkan pada cerita Setelah Sembilan Puluh Tahun, yang ditulis oleh penulis Serbia, Milovan Glišić. Leptirica dianggap sebagai salah satu film horor terbaik dari Serbia dan Yugoslavia.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Adegan pembuka menunjukan seoprang pekerja tua di sebuah penggilingan. Dia mendengar suara aneh dari hutan. Lalu muncul makhluk aneh dengan tangan hitam dan gigi panjang yang menggigit lehernya.

Lalu film beralih pada romantisme antara seorang pemuda miskin bernama Strahinja (Petar Božović) dan gadis cantik bernama Radojka (Mirjana Nikolić). Radojka adalah anak tuan tanah Živan (Slobodan Perović) yang melarangnya menikahi Strahinja. Kecewa, Strahinja akhirnya meninggalkan desanya dan pergi ke Zarožje. Dia bertemu petani yang menceritakan tentang sebuah penggilingan angker, Strahinja lalu bersedia menjadi pekerja di penggilingan itu. Dia tidur di penggilingan tersebut dan berhasil selamat dari serangan sang makhluk aneh. Dia bahkan berhasil mengetahui namanya - Sava Savanović. Penduduk lalu mengunjungi perempuan tua di desa tetannga dan bertanya apakah ada kuburan orang bernama Sava Savanović. Setelah menemukan kuburannya, mereka menusuk petinya, lalu seekor kupu-kupu terbang keluar dari dalam peti.

Para penduduk membantu Strahinja membawa Radojka dari rumahnya ke Zarožje. Pada malam hari, ketika penduduk desa sedang mempersiapkan pernikahan, Strahinja menelanjangi Radojka dan menemukan lubang berdarah di bawah dadanya. Radojka membuka matanya dan berubah menjadi makluk menakutkan dan berusaha menyerang lStrahinja. Radojka membawa Strahinja ke kuburan. Di sana, Strahinja mengambil penusuk dari peti dan menusukannya ke tubuh Radojka.

Film berakhir dengan Strahija terbaring kaku dan kupu-kupu di rambutnya menggerakan sayapnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]