Leokaris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Leochares /lˈɒkəˌrz/ (bahasa Yunani: Λεοχάρης) adalah seorang pemahat Yunani asal Athena. Ia hidup pada abad ke-4 SM.

Karya[sunting | sunting sumber]

Leochares berkarya dalam pembangunan Mausoleum Mausolos di Halicarnassus, salah satu "Tujuh Keajaiban Dunia Kuno". Diana dari Versailles adalah sebuah salinan Romawi dari karya asli buatannya (sekitar 325 SM). Ia juga dianggap merupakan pembuat dari Apollo Belvedere, dimana salinan Romawi-nya sekarang disimpan di Vatican City.

Dari patung-patung potretnya, karya-karya terkenalnya adalah potret-potret Philip, Alexander, Amyntas III, Olympias, dan Eurydice I, yang terbuat dari gading dan emas, dan ditempatkan di Philippeion, sebuah bangunan melingkar di Altis, Olympia, yang didirikan oleh Philip II dari Makedonia dalam merayakan kemenangannya dalam Pertempuran Chaeronea (338 SM).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Heckel, Waldemar (2006). Who's who in the age of Alexander the Great: prosopography of Alexander's empire. Wiley-Blackwell. ISBN 978-1-4051-1210-9. 

 Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikSmith, William, ed. (1870). "Mohon masukkan judul artikel di DGRBM". Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology.