Leo Dalmao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Leo Magdugo Dalmao (lahir 1 Desember 1969) adalah seorang prelat Prelatur Teritorial Isabela. Ia bergabung dengan Claretian pada tahun 1986 dan belajar filsafat di Kolese St. Anthony Mary Claret di Quezon City. Dia mengucapkan kaul religius pertamanya pada 3 Mei 1992, di Kota Zamboanga. Ia menyelesaikan studi teologinya di Loyola School of Theology di Quezon City. Kaul kekal dilakukan pada 16 Juli 1996, dan ditahbiskan menjadi imam oleh Uskup Keuskupan Querejeta pada 31 Mei 1997.

Setelah tahbisan imamatnya pada tahun 1997, ia ditugaskan ke Basilan. Di sana, ia mengelola sebuah proyek untuk orang-orang suku Samal-Badjau, yang juga dikenal sebagai gipsi laut di Mindanao. Dari Basilan, ia diangkat sebagai prefek mahasiswa pada tahun 2000. Tiga tahun kemudian, ia menjadi pembibing novis dan prefek pembinaan Claretian Provinsi Filipina.

Pada 2010, ia terpilih sebagai provinsial Claretian. Ia juga menjabat sebagai ketua Konferensi Pemimpin Tinggi Tarekat Religius Filipina sampai pemilihannya sebagai anggota dewan Claretian pada tahun 2005. Ia melayani sebagai prefek jendereral pembinaan Misionaris Claretian di Roma ketika Paus Fransiskus mengangkatnya sebagai uskup Isabela pada 25 Maret 2019.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]