Lensa intraokular

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Terdapat 3 jenis Lensa premium / Lensa Intraokular (IOLs) Premium, berdasarkan kebutuhan.  Sebelum memilih menggunakan lensa intraokular (IOLs) premium, Anda harus tahu 3 jenis diantaranya. Agar Anda bisa mempersiapkan diri dan mengetahui, lensa intraokular (IOLs) premium  jenis lensa apa yang tepat untuk Anda.

Meskipun setiap dokter spesialis mata akan memberikan lensa intraokular (IOLs) premium  yang sesuai dengan kebutuhan, simak penjelasan dari Dokter Spesialis Mata KMU Gresik, dr. Diaz Alamsyah Sudiro, SpM ini:

3 Jenis Lensa Premium (IOLs Premium):

1. Toric IOLs

Toric IOLS merupakan jenis lensa intraokular (IOLs) premium yang memperbaiki astigmatisme atau silinder. Sehingga, lensa ini cocok untuk Anda yang akan melakukan operasi atau tindakan untuk katarak, dan memiliki gangguan refraksi mata silindris (astigmatisme).

Seperti lensa kontak lunak, toric IOLs toric dapat mengoreksi astigmatisme karena memiliki kekuatan yang berbeda di berbagai meridian lensa. Mereka juga mempunyai tanda penyelarasan pada bagian tepi lensa yang memungkinkan dokter bedah untuk menyesuaikan orientasi IOLs premium di dalam mata untuk koreksi astigmatisme yang optimal.

IOLs jenis ini sering ditemui di beberapa rumah sakit dan klinik mata, seperti Klinik Mata KM ini adalah cara sederhana yang praktis dan aman untuk menangani katarak dan silindris secara bersamaan.

2. Trifocal IOLs

Untuk jenis lensa intraokular (IOLs) premium ini terbilang, paket lengkap dan praktis. Pasien katarak, bisa menggunakan lensa jenis ini karena sekaligus diperuntukkan bagi mereka yang memiliki gangguan refraksi, rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermotria) dan mata tua (presbyopia).

3. Multifocal IOLs

Lensa jenis ini adalah kategori lain dari IOLs premium yang mengoreksi presbyopia. Sehingga, dapat mengurangi kebutuhan akan kacamata baca atau kacamata komputer setelah operasi katarak.

IOLs premium satu ini mengandung pembesaran tambahan di berbagai bagian lensa untuk memperluas jangkauan penglihatan. Karena itu, penggunanya dapat melihat objek dengan jelas tanpa kacamata atau lensa kontak.