Lema (matematika)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lemma (matematika))

Di bidang matematika, lema adalah sebuah proposisi (pernyataan) yang digunakan untuk pembuktian pernyataan lainnya. Umumnya tidak ada perbedaan antara lema dengan teorema, tetapi istilah lema digunakan untuk mengacu kepada sebuah pernyataan yang digunakan sebagai bagian untuk membuktikan sebuah teorema yang lebih besar.

Kata lemma dalam bahasa Yunani mengandung arti "sesuatu yang diterima, misalnya hadiah, keuntungan atau suap". Bentuk jamak dari lema adalah lemata.

Beberapa lemmata terkenal antara lain: lema Zorn, lema Bézout, lema Gauss, lema Fatou dan lema Nakayama.

Perbandingan dengan teorema[sunting | sunting sumber]

Tidak ada perbedaan formal antara lemma dan teorema, hanya satu niat (lihat Terminologi Teorema). Namun, lemma dapat dianggap sebagai hasil kecil yang tujuan utamanya adalah untuk membantu membuktikan teorema, sebuah langkah ke arah pembuktian.[1] – atau teorema pendek yang muncul pada tahap perantara dalam sebuah bukti.[2]

Lemma terkenal[sunting | sunting sumber]

Batu loncatan yang baik dapat membawa banyak orang ke lainnya. Beberapa hasil yang kuat dalam matematika dikenal sebagai lemma. Ini termasuk, antara lain:

Meskipun hasil ini awalnya tampak terlalu sederhana atau terlalu teknis untuk menjamin kepentingan independen, hasil ini akhirnya menjadi pusat teori di mana hasil tersebut muncul.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :1
  2. ^ Wolfram, Stephen (2002). A New Kind of SciencePerlu mendaftar (gratis). Wolfram Media, Inc. hlm. 1176. ISBN 1-57955-008-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:PlanetMath attribution