Lembar-lembar mahkota bunga mawar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Petal around the rose.png

Lembar-lembar mahkota bunga mawar (en: Petals around the rose) adalah suatu permainan pikiran menggunakan proses pemikiran lateral yang dimainkan dengan menggunakan lima buah dadu.

Permainan ini dimainkan dengan menggunakan program komputer atau dadu sebenarnya yang dilemparkan atau diaduk oleh seorang Potentate of the Rose, seseorang yang mengetahui rahasia dari permainan ini. Pada setiap pelemparan dadu (roll) terdapat satu solusi numerik (nilai berupa bilangan). Para pemain berusaha untuk mencapai solusi yang dimaksud dengan berbagai analisis. Bila mereka tidak bisa menebaknya, sang Potentate of the Rose akan memberitahu apa jawabannya, dan sudah menjadi tugas para pemain untuk memikirkan solusi dari pelemparan dadu berikutnya.

Aturan permainan[sunting | sunting sumber]

Terdapat tiga, dan hanya tiga aturan permainan:

  1. Permainan ini dinamakan "Lembar-lembar mahkota bunga mawar".
  2. Nama dari permainan ini penting.
  3. Jawaban selalu berupa bilangan genap (termasuk di dalamnya ).

Jika seseorang berhasil menemukan bagaimana jawaban tersebut dihitung, ia akan menjadi seorang Potentate of the Rose.

Contoh-contoh[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah contoh-contoh hasil pelemparan dadu dan solusinya.

Contoh-contoh pelemparan dadu
Representasi Solusi
Dadu Angka
Dice-1.png Dice-3.png Dice-2.png Dice-4.png Dice-5.png
Dice-4.png Dice-6.png Dice-2.png Dice-5.png Dice-1.png
Dice-1.png Dice-1.png Dice-3.png Dice-4.png Dice-3.png
Dice-5.png Dice-6.png Dice-6.png Dice-4.png Dice-5.png
Dice-1.png Dice-6.png Dice-4.png Dice-4.png Dice-3.png
Dice-1.png Dice-6.png Dice-2.png Dice-4.png Dice-2.png

Terdapat

variasi pelemparan dadu yang mungkin terjadi.

Jangan berpikir terlalu keras[sunting | sunting sumber]

Klaim yang sering menyertai instruksi dari permainan ini adalah bahwa semakin cerdas seseorang, akan semakin sulit baginya untuk memecahkan permainan ini. Jika pernyataan semacam itu benar, dapat dikarenakan seseorang yang "cerdas" cenderung untuk memiliki terlalu banyak pengetahuan dan informasi untuk mengolah hasil pelemparan dadu, yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan untuk menyelesaikan teka-teki (puzzle) ini.

Saat itu adalah bulan Juni 1977, suatu hari-hari awal dari industri komputer mikro. Pendiri Microsoft, Bill Gates dan Paul Allen, adalah dua orang dari sejumlah orang yang sedang perjalanan menuju Albuquerque dari Konferensi Komputer Nasional di Dallas. Dalam edisi September/Oktober majalah "Personal Computing", Henry Gilroy melaporkan perkenalan dari permainan tebak-tebakan ini kepada rekan-rekannya dalam perjalan pulang.

Beberapa dari mereka bahkan kemudian sampai membuat analisis dengan menggunakan komputer dari permainan ini. Sayangnya jawaban-jawaban yang diusulkan lebih banyak salahnya daripada benarnya. Bill Gates sendiri membutuhkan kira-kira satu setengah jam pada untuk menyadari kebodohannya dalam menebak pelemparan dadu yang dilakukan rekannya, sehingga akhirnya ia dapat menyelami dan mengerti bagaimana mencari solusi dari permainan ini [1]

Sebagai petunjuk, inilah satu baris dari kode program yang kemudian dibuat oleh Bill Gates untuk menyelesaikan permainan ini:

PRINT "THE NAME OF THE GAME IS PEDAL AROUND THE ROSES"

Catatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]