Lembaga Bahasa Arab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Lembaga Bahasa Arab adalah lembaga pengatur bahasa yang dibentuk di negara-negara Arab, di antaranya di Irak, Mesir, Arab Saudi, dan Suriah.

Penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa resmi di negara-negara Arab baru dapat dilakukan setelah negara-negara tersebut mendapat kemerdekaan dari Inggris atau Prancis. Berdirinya Liga Arab pada tahun 1945 memberikan pengaruh positif bagi perkembangan kebudayaan, khususnya perkembangan bahasa Arab. Kemudian pada tahun 1953, pertemuan para Menteri Pendidikan negara-negara liga Arab menghasilkan rekomendasi untuk membentuk Lembaga Bahasa Arab Bersama (Ma’had ad-Dirasah wa al-Abchats Li at-Ta’rib). Rekomendasi tersebut berlanjut dengan dilangsungkannya Konferensi Lembaga-lembaga Bahasa pada bulan September 1956 dan membentuk komite-komite penting sebagai berikut:

  • Komite koordinasi antarlembaga bahasa di seluruh negara Arab.
  • Komite untuk merumuskan pengembangan bahasa Arab.
  • Komite penyusunan dan pembentukan istilah dan penyusunan kamus.

Liga Arab bekerja keras untuk membangkitkan kembali bahasa Arab dengan mendirikan Lembaga Pengkajian dan Penelitian untuk Ta’rib (Ma’hadu ad-Dirasah wa al-Abchats Li at-Ta’rib) di Rabath (1960). Lembaga ini mengkoordinasikan beberapa ahli bahasa yang tergabung di beberapa lembaga bahasa yang telah ada di berbagai negara Arab. Lembaga-lembaga tersebut antara lain adalah:

  • Lembaga Ilmu Pengetahuan Arab (Majma al-Ilmi Al-'Araby), didirikan tahun 1919 di Damaskus, sekarang bernama Lembaga Bahasa Arab (Majma al-Lughah al-'Arabiyyah).
  • Lembaga Bahasa Arab Fuad I (Majma Fuad Al-Awwal Li al-Lughah al-‘Arabiyyah), didirikan tahun 1932 di Kairo.
  • Lembaga Ilmu Pengetahuan Iraq (Al-Majma al-Ilmi Al-Iraqy ), didirikan tahun 1947 di Baghdad.
  • Berbagai lembaga bahasa, antara lain: Lembaga Bahasa Universitas Iskandariyah, Universitas Terusan Suez, Universitas Uni Emirat Arab, Universitas Shalachuddin, Universitas Baghdad, dan Lembaga Bahasa Arab Universitas Riyadh.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Hadi, Syamsul, Prof. Dr. (2005). Perkembangan Mutakhir dalam Bahasa Arab (Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gajah Mada).