Legonkulon, Subang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Legon Kulon, Subang)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Legonkulon
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenSubang
Pemerintahan
 • CamatAsep Rudih S.Sos
Populasi
 • Total23,124 jiwa jiwa
Kode Kemendagri32.13.21 Edit the value on Wikidata
Luas61.82 km²
Desa/kelurahan7

Legonkulon adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Topografi Legonkulon berada pada dataran rendah dengan ketinggian 2 meter di atas permukaan laut.

Raden Hamzaiya selaku sejarawan Kesultanan Cirebon menuturkan jika Legon Kulon masih menjadi bagian daripada kekuasaan wilayah Kesultanan Cirebon. Dikonfirmasi di Keraton Kasepuhan Raden Hamzaiya menuturkan ada salah satu nama yang secara keilmuan toponimi memliki nama yang sama dengan wilayah di Cirebon, Nama dusun di Legon Kulon ada yang terkenal dengan "Anjun''. Anjun sendiri secara bahasa berasal dari salah satu tokoh bernama pangeran panjunan. Jelas ini menjadi potensi sebuah daerah yang sangat luar biasa dari segi kebudayaan.

Saya dibesarkan di wilayah tersebut sebelum saya bisa mempunyai nama besar di keraton kasepuhan, ujar Raden Hamzaiya pihak keraton kasepuhan akan membantu penulisan sejarah dan akan terbuka jika ada pihak pemerintah yang datang ke keraton kasepuhan.

ujarnya, di wilayah sana saya hanya dikenal dengan sebutan Hamzah, berbeda dengan di Cirebon yang lebih dikenal dengan Raden Hamzaiya. (Wawancara Radar Cirebon di Keraton Kasepuhan).

Jumlah Desa[sunting | sunting sumber]

Wilayah Legonkulon meliputi desa:

  1. Bobos
  2. Karangmulya
  3. Legonkulon
  4. Legon Wetan
  5. Mayangan
  6. Pangarengan
  7. Tegalurung

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Utara Laut Jawa
Selatan Kecamatan Pamanukan
Timur Kecamatan Pusakanagara
Barat Kecamatan Sukasari