Leekfrith

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

St Matthew's Church, Meerbrook
Abbey Green

Leekfrith adalah sebuah paroki sipil di Staffordshire Moorlands, Staffordshire, Inggris, sebelah utara kota Leek. Populasi paroki ini, pada sensus tahun 2011 berjumlah 363.[1][2]

Ini merupakan area di antara Sungai Churnet yang berdekatan dengan Leek, dan Sungai Dane (berbatasan dengan Cheshire) dan anak sungai Black Brook. Paroki-paroki sipil Heaton dan Tittesworth berada di sebelah barat dan timur.

Area ini terdiri dari desa-desa Abbey Green dan Meerbrook, punggung bukit berbatu di timur laut dan kebanyakan Tittesworth Reservoir. Sebuah jurang yang dikenal dengan nama Lud's Church berdekatan dengan Sungai Dane. Sebuah bukit bernama Gun membatasinya di sebelah barat, dan desa Upper Hulme membatasi di sebelah timur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Four gold torcs dating from the Iron Age found at Leekfrith in 2016

Kata frith berarti kayu, sebagian besar area dahulunya merupakan hutan pedesaan pada abad pertengahan, dan sebagian masih bertahan di sebelah timur laut Abbey Green.

Dieulacres Abbey, dekat dengan Abbey Green, ditemukan kali pertama oleh Ranulf de Blondeville, 6th Earl of Chester, bangsawan yang menguasai Leek. Sekitar tahun 1220 Pangeran memberikan para biarawan sebuah area sebagai The Rudyard Estate, di sebelah barat daya Leekfrith, di mana para biarawan tersebut membangun. Desa Abbey Green kemungkinan mulai membuka lahan di gerbang biara.

Dieulacres Abbey takluk pada tahun 1538 ketika terjadi pembubaran biara-biara, dan Abbey Farm yang sekaran masih ada merupakan bagian dari situs. Pada bulan Desember 2016 empat cincin Leekfrith dari zaman besi ditemukan di sebuah hamparan oleh dua detektor logam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Civil Parish population 2011". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 1 December 2015. 
  2. ^ "'Oldest' Iron Age gold work in Britain found in Staffordshire". BBC Online. 28 February 2017. Diakses tanggal 28 February 2017.