Lee Shau-kee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Lee Shau-kee

GBM
LEE Shau Kee.JPG
Lahir29 Januari 1928 (umur 92)
Shunde, Guangdong, China
Warga negara Hong Kong
Pekerjaan
Kekayaan bersih US$29.4 miliar (Februari 2020)[1]
Suami/istriLau Wai-kuen (cerai)

Lee Shau-kee (lahir di Shunde, Guangdong, China, 29 Januari 1928; umur 92 tahun) adalah seorang pengusaha properti yang berasal dari Hong Kong. Berdasarkan daftar orang terkaya versi Forbes yang dirilis pada 2015, ia menempati posisi ke-27[2]. Sebagian besar kekayaannya diperoleh melalui perusahaannya Henderson Land Development[3], yang bergerak di bidang properti, hotel, restaurant dan layanan internet. Beberapa proyek besar perusahaanya di China antara lain: Henderson Metropolitan, Nanjing West Road, Shanghai dan Miramar Hotel. Awalnya perusahaannya fokus pada pasar masyarakat kelas bawah dengan membagun hunian murah di wilayah baru, namun seiring dengan pertumbuhan permintaan hunian, ia mula bergeser ke kelas menengah ke atas. Selain properti ia juga mengakusisi perusahaan transportasi Hong Kong Ferries dan perusahaan gas Hong Kong, Towngas[4]. Ia juga berhasil membangun bisnis energi melalui cabang usahanya, penyedia listrik Hong Kong dan China, dan memiliki saham di Petro China dan China Shenhua, perusahaan energi yang dimiliki olah pemerintah China.

Filantropi[sunting | sunting sumber]

Selain sebagai pengusaha Lee Shau-kee juga terkenal cukup dermawan, ia mendirikan Lee Shau Kee Foundation yang mendonasikan lebih dari HK$ 20 juta untuk pengembangan budaya dan pendidikan di Hong Kong dan di luar negeri, salah satunya adalah ke Chinese University of Hong Kong dan sponsor HKICC Lee Shau Kee School of Creativity[5].

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia menikah dengan Lau Wai-kuen dan memiliki lima orang anak. Di antara ke lima anaknya yang paling menonjol adalah anaknya yang sulung bernama Peter dan anaknya yang paling bungsu bernama Martin Lee yang menikahi seorang mantan aktris Cathy Cui[6]. Pada Juni 2011, ia sempat membuat heboh media di Hong Kong dengan membagi-bagikan bonus sekitar Rp 18 miliar kepada 1.500 karyawannya, untuk merayakan kelahiran cucu laki-lakinya yang ke-6. Tindakan ini bukan yang pertama kalinya, sebelumnya pada Oktober 2010, ia juga membagi-bagikan bonus US$ 10.000 kepada karyawannya ketika anak sulungnya, Peter memberinya cucu.

Jabatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]