Lebah keringat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halictidae
Halictidae
Tumbuhan
Adalah penyerbuk dariEriogonum latifolium dan Aetheorhiza bulbosa
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumArthropoda
KelasInsecta
OrdoHymenoptera
UpaordoApocrita
InfraordoAculeata
SuperfamiliApoidea
FamiliHalictidae
Thomson, 1869
Subfamilies

Halictidae adalah famili lebah terbesar kedua [1] (clade Anthophila ) dengan hampir 4.500 spesies. [2] Mereka biasa disebut lebah keringat (terutama spesies yang lebih kecil), karena mereka sering tertarik pada keringat .[3] [4] Spesies halictid adalah kelompok yang sangat beragam dengan penampilan yang sangat bervariasi. Lebah ini terdapat di seluruh dunia dan ditemukan di setiap benua [4] kecuali Antartika. [ kutipan diperlukan ] Biasanya berwarna gelap (sering coklat atau hitam) dan seringkali metalik, haliktida ditemukan dalam berbagai ukuran, warna dan pola. Beberapa spesies berwarna hijau seluruhnya atau sebagian dan beberapa berwarna merah, ungu, atau biru. [4] Beberapa di antaranya memiliki corak kuning, terutama lebah jantan, yang umumnya memiliki wajah kuning, pola yang tersebar luas di berbagai keluarga lebah. Keluarga ini adalah salah satu dari banyak keluarga yang memiliki lidah pendek [5] dan paling baik dibedakan berdasarkan vena basal arkuata (sangat melengkung) yang terdapat di sayap.[6] Betina dalam keluarga ini cenderung lebih besar dibandingkan jantan. [5]

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan halictids bersarang di dalam tanah, seringkali di habitat seperti tanah liat dan tepi sungai, [7] meskipun ada juga yang bersarang di kayu. Mereka membekali anak-anak mereka secara massal; Sejumlah serbuk sari dan nektar terbentuk di dalam sel kedap air, sebuah telur diletakkan di atasnya, dan sel tersebut ditutup rapat, sehingga larva diberikan semua makanannya sekaligus, berbeda dengan "pemberian progresif", di mana larva diberikan diberi makan berulang kali seiring pertumbuhannya, seperti pada lebah madu . Beberapa spesies melapisi terowongan mereka dengan sekresi lakton untuk membantu pekerja kembali ke sarangnya. [7] Diperkirakan setiap lebah memiliki ciri kimia uniknya sendiri. Semua spesies (kecuali kleptoparasit ) adalah pemakan serbuk sari dan mungkin merupakan penyerbuk yang penting.

Systropha planidens, spesialis penyerbuk Convolvulus

Sengatan[sunting | sunting sumber]

Hanya betina yang mempunyai kemampuan menyengat. [8] Karena sifatnya yang tidak agresif, mereka hanya akan menyengat jika diganggu; sengatannya kecil. [9] Contoh paling umum dari rasa perih terjadi karena memukul atau secara tidak sengaja melakukan kontak dengan halictid yang mencoba menjilat keringat, mencari elektrolit terlarut.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Danforth, Bryan N.; Cardinal, Sophie; Praz, Christophe; Almeida, Eduardo A.B.; Michez, Denis (2013). "The Impact of Molecular Data on Our Understanding of Bee Phylogeny and Evolution". Annual Review of Entomology. 58 (1): 57–78. doi:10.1146/annurev-ento-120811-153633. ISSN 0066-4170. PMID 22934982. 
  2. ^ "Bee Diversity". Museum of the Earth (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-06. 
  3. ^ "Sweat Bees". Missouri Department of Conservation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-26. 
  4. ^ a b c "Sweat bees". Florida Wildflower Foundation (dalam bahasa Inggris). 2017-08-15. Diakses tanggal 2021-12-06. 
  5. ^ a b Hauze, Deena. "Halictidae (halictid bees, sweat bees)". Animal Diversity Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-06. 
  6. ^ "sweat bees, halictid bees". Featured Creatures. University of Florida Entomology and Nematology Department. Diakses tanggal 21 September 2019. 
  7. ^ a b Hauze, Deena. "Halictidae (halictid bees, sweat bees)". Animal Diversity Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-06. 
  8. ^ "StackPath". www.gardeningknowhow.com. Diakses tanggal 2021-12-07. 
  9. ^ Hauze, Deena. "Halictidae (halictid bees, sweat bees)". Animal Diversity Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-06. 
  10. ^ "No Need To Sweat Non-Aggressive Sweat Bees Or Lookalike Hover Flies". Forest Preserve District of Will County (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-07.