Layar puncak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sails 19th century ship.jpg

Sebuah layar puncak (bahasa Inggris: topsail) adalah sebuah layar yang dipasang di atas layar lainnya; pada kapal ber-rig (sistem layar) persegi layar lainnya dapat dipasang di atas layar puncak.

Rig persegi[sunting | sunting sumber]

USS Constitution berlayar dengan (dari haluan ke buritan): Layar cucur, layar puncak, dan layar gusi .

Pada kapal yang bersistem layar persegi, layar puncak adalah layar persegi yang dipasang di atas layar arah dan di bawah layar sabur. Sebuah kapal berlayar penuh memiliki baik layar puncak tunggal atau ganda ("terbagi" atas dan bawah) pada semua tiang, layar puncak tunggal atau layar puncak yang lebih rendah menjadi layar kedua di atas geladak dan layar puncak atas menjadi yang ketiga.

Sistem layar gap[sunting | sunting sumber]

La Recouvrance dengan layar puncak gap dan dua layar puncak persegi; layar yang agak tertutup diantara tiang-tiang atas adalah layar bubutan tiang atas.

Layar puncak gap, seperti sistem layar gap (gaff rig) pada umumnya, mungkin masih terlihat di pertemuan kapal-kapal tinggi. Sistem layar gap sebagian besar telah digantikan oleh sistem layar Bermuda, yang tidak memiliki layar puncak. Di atas kapal layar bersistem layar gaff, layar puncaknya dapat berupa beberapa bentuk.

Sistem layar layar bubutan[sunting | sunting sumber]

Rig layar bubutan

Penggunaan layar puncak di tongkang layar sungai Thames sangat berbeda. Ia adalah sistem layar fore-and-aft, dimana layar agungnya dikendalikan oleh tali. Di perairan yang terbatas, tongkang akan berlayar dengan layar puncak dan layar baksi (mizzen), mengambil keuntungan dari udara jernih di atas bangunan.[1] Layar puncak diikatkan oleh ikatan ke tiang atas, sehingga bisa dengan cepat diubah, pelepasan satu tali membuatnya jatuh.[2]

Layar puncaknya adalah layar depan dan belakang.

Layar cucur puncak: sebuah layar bubutan (staysail) yang diatur antara tiang puncak dan tiang cucur.

Penggunaan lainnya[sunting | sunting sumber]

Pada sistem layar yang memiliki banyak layar cucur atau layar bubutan yang mana salah satunya di pasang di atas, seperti banyak cutter perlombaan abad 19 dan 20, yang paling atasnya, sering disebut layar puncak jib (jib topsail).

Navigasi Romawi[sunting | sunting sumber]

Layar puncak (Greek: sipharos; Latin: siparum) berbentuk segitiga sama kaki yang dipasang di atas layar agung persegi digunakan pada navigasi Romawi.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ March 1948, hlm. 70.
  2. ^ March 1948, hlm. 62.
  3. ^ Casson, Lionel (1995): "Ships and Seamanship in the Ancient World", Johns Hopkins University Press, ISBN 978-0-8018-5130-8, pp. 240–241