Laura Vicuña

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laura Vicuña

Laura del Carmen Vicuña Pino (5 April 1891 – 22 Januari 1904) adalah seorang kanak-kanak asal Chili yang dibeatifikasi oleh Gereja Katolik Roma. Dia adalah pelindung korban pelecehan, setelah dirinya mengalami pelecehan fisik.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir pada 5 April 1891, di Santiago, Chili, dari pasangan Joseph Domenico dan Mercedes Pino. Keluarga Vicuña adalah bangsawan Chili. Ayahnya bertugas dalam dinas militer dan ibu yang bekerja di rumah. Terpaksa keluar dari Santiago, Chili akibat oleh revolusi, keluarga tersebut berlindung di Temuco, tetapi setelah Joseph Domenico meninggal secara mendadak, maka Mercedes harus pergi untuk tinggal bersama kedua putrinya di Argentina.

Mercedes dan putrinya pindah ke provinsi Neuquén, Argentina. Untuk mencari cara membiayai pendidikan putrinya, Mercedes mengambil pekerjaan di Quilquihué Hostel. Pemilik asrama, Manuel Mora, mengusulkan kepada Mercedes, untuk mempekerjakan mereka dan berjanji untuk menyekolahkan dan membayar pendidikan Laura sebagai gantinya. Laura segera memasuki sekolah Hijas de Maria Auxiliadora (”Putri Maria untuk Membantu Orang Kristen“). Di bawah asuhan para biarawati, dia mulai menaruh minat mendalam pada iman Katolik.

Karena minat religiusnya yang dalam, dia tidak disukai oleh teman-teman sekelasnya. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berdoa di kapel sekolah. Dia berdoa setiap hari untuk keselamatan ibunya dan baginya untuk bisa meninggalkan Manuel Mora. Ia memiliki satu teman baik, Mercedes Vera, kepada siapa ia mengungkapkan keinginannya untuk menjadi biarawati.

Dalam salah satu masa liburan sekolahnya, Laura pernah dipukul dua kali oleh Manuel Mora, yang ingin supaya dia melupakan niatnya menjadi biarawati. Dia berpegang pada keinginan ini bahkan ketika Mora mengancam untuk berhenti membayar pendidikannya, niatnya untuk menjadi biarawati tidak padam, dan ketika para biarawati di sekolahnya mengetahui masalah itu, mereka malah memberikan beasiswa kepada Laura dan saudara perempuannya. Meskipun dia berterima kasih kepada gurunya, dia masih khawatir tentang kondisi dan situasi ibunya.

Pada 22 Januari 1904, Laura meninggal karena penyakitnya, melemah oleh penganiayaan fisik yang sebelumnya dia terima dari Mora, setelah menawarkan hidupnya untuk keselamatan ibunya. Dari 1937 sampai 1958, jasad Laura disemayamkan di kuburan Nequén, setelah itu mereka dipindahkan ke Bahía Blanca.

Bernhard Maier, mengikuti karya Ciro Brugna, mengatakan bahwa biografi populer Laura perlu direvisi. Di antara poin-poin yang perlu direvisi adalah sebagai berikut: bahwa orang tuanya tidak pernah menikah; bahwa ayahnya tidak mati sebelum ibunya meninggalkan Chili bersama kedua anaknya; dan bahwa Laura menawarkan hidupnya untuk kedua orang tuanya, seperti yang terjadi dalam catatan yang ditinggalkan oleh teman dekatnya Maria Mercedes Vera.

Proses beatifikasi[sunting | sunting sumber]

Suster-suster Salesian Don Bosco memulai proses kanonisasi Laura pada 1950-an. Jemaat memuji tugas itu kepada biarawati Cecilia Genghini, yang menghabiskan bertahun-tahun mengumpulkan informasi tentang kehidupan Laura. Tetapi dia tidak melihat hasil pekerjaannya; dia meninggal pada tahun yang sama proses dimulai.

Salah satu insentif bagi jemaat adalah beatifikasi Dominic Savio (5 Maret 1950) dan kanonisasi Maria Goretti (24 Juni 1950). Kemajuan dimulai di kota Viedma. Tetapi Laura tidak dapat dianggap sebagai martir, dan karena usianya yang masih muda, tidak ada banyak harapan untuk beatifikasi. Namun demikian, pada tahun 1981 proses aplikasi diselesaikan oleh jemaat. Pada tanggal 5 Juni 1986, ia diangkat menjadi Venerabilis.

Setiap kandidat untuk beatifikasi, kecuali dalam kasus para martir, harus dibuktikan telah memperoleh mukjizat dari Allah ketika doa-doa mereka dikabulkan. Dalam kasus Laura, mukjizat yang diperlukan diperoleh dari mukjizat yang dialami oleh seorang biarawati bernama Sr. Ofelia del Carmen Lobos Arellano. Pada bulan Agustus 1955, dokter memberi tahu Suster Ofelia bahwa dia akan meninggal karena kanker paru-paru dalam beberapa bulan, tetapi ketika dia dengan percaya diri mengucapkan doa-doa melalui Laura, penyakit itu hilang. Pada 3 September 1988, Paus Yohanes Paulus II membeatifikasikannya dan perayaannya dirayakan pada 22 Januari.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Laura Vicuña". Info Katolik.