Ambang atas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Latei)
Latei struktural

Ambang atas atau latei adalah jenis balok (elemen struktur horizontal) yang membentang di bukaan seperti portal, pintu, jendela, dan perapian . Ini bisa berupa elemen arsitektur dekoratif, atau gabungan benda ornamen/struktural. Dalam kasus jendela, bentang bawah disebut sebagai bendul tetapi, tidak seperti ambang pintu, bentang bawah tidak berfungsi menahan beban untuk memastikan integritas dinding. Latei zaman modern dapat dibuat menggunakan beton pratekan dan juga disebut sebagai balok pada pelat balok dan balok atau sebagai rusuk pada pelat rusuk dan balok. Latei dan balok beton pratekan ini dapat berfungsi sebagai komponen yang disatukan dan disangga untuk membentuk pelat beton berlantai gantung .

Manfaat struktural[sunting | sunting sumber]

Dalam arsitektur di seluruh dunia pada era dan budaya yang berbeda, latei pintu telah menjadi elemen konstruksi utama. Banyak bahan bangunan berbeda telah digunakan untuk latei pintu. [1]

Dalam arsitektur dan metode konstruksi Barat klasik, menurut definisi Merriam-Webster, latei pintu adalah bagian penahan beban dan ditempatkan di atas pintu masuk. [2] Latei pintu dapat disebut lis kusen, tetapi istilah tersebut memiliki arti alternatif yang mencakup lebih banyak struktur selain latei pintu. Latei pintu adalah elemen struktur yang biasanya bertumpu pada pilar batu atau tiang batu bertumpuk, di atas portal atau pintu masuk.

Kegunaan hiasan[sunting | sunting sumber]

Penggunaan bentuk latei pintu sebagai elemen bangunan dekoratif di atas portal, tanpa fungsi struktural, telah digunakan dalam tradisi arsitektur dan gaya sebagian besar budaya selama berabad-abad.

Perlindungan radiasi[sunting | sunting sumber]

Latei juga dapat digunakan untuk mengurangi radiasi yang tersebar dalam aplikasi medis. Misalnya, Linac Medis yang beroperasi pada energi tinggi akan menghasilkan neutron teraktivasi yang akan tersebar di luar labirin bunker perawatan dengan laju dosis yang bergantung pada penampang labirin. Latei mungkin terlihat atau tersembunyi di atap fasilitas, dan mengurangi laju dosis di area yang dapat diakses publik dengan mengurangi penampang labirin.[3]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Glossary of Medieval Art and Architecture - Lintel". University of Pittsburgh. Diakses tanggal 2007-06-25. 
  2. ^ "Glossary of Medieval Art and Architecture - Lintel". University of Pittsburgh. Diakses tanggal 2007-06-25. 
  3. ^ Morgan, Helen (2006). "NCRP Report 151 Structural shielding design and evaluation for megavoltage x-and gamma-ray radiotherapy facilities". Journal of Radiological Protection. 26 (3): 349. doi:10.1088/0952-4746/26/3/B01.