Lapangan Terbang Tanjung Opmarai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lapangan Terbang Tanjung Opmarai
Papua Barat Daya, Indonesia
Jenis Lapangan terbang militer
Koordinat 00°28′14″S 132°07′20″E / 0.47056°S 132.12222°E / -0.47056; 132.12222
Pengawas Amerika Serikat

Lapangan Terbang Tanjung Opmarai adalah lapangan terbang usang yang terletak dekat Sansapor, Papua Barat Daya, Indonesia. Sejak 1944, lapangan terbang ini dibiarkan terbengkalai dan dipenuhi rumput.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lapangan terbang ini digunakan semasa Operasi Sansapor-Tanjung Opmarai pada tanggal 30 Juli-31 Agustus 1944 di Nugini Belanda utara. Tanggal 30 Juli, gugus tugas yang melibatkan Divisi ke-6 Angkatan Darat Amerika Serikat melakukan pendaratan massal tanpa perlawanan di dekat Tanjung Opmarai, Pulau Middelburg, dan Pulau Amsterdam di barat laut. Mereka hanya mendapat sedikit perlawanan. Keesokan harinya, pendaratan pantai-ke-pantai dari Tanjung Opmarai dilaksanakan di Sansapor.

Seperti di daerah-daerah lain di Nugini, pembangunan bandara berlangsung sangat cepat. Dalam waktu singkat, lapangan terbang di Tanjung Opmarai dan Pulau Middelburg serta pangkalan pesawat apung di Pulau Amsterdam sudah bisa digunakan. Lapangan terbang ini dulunya dipakai untuk operasi pesawat tempur taktis, lalu ditinggalkan setelah MacArthur pindah ke Hindia Belanda dalam perjalanannya menuju Filipina.

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini berisi bahan berstatus domain umum dari situs web atau dokumen Air Force Historical Research Agency.