Langsai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsai digunakan sebagai tirai jendela

Langsai atau draperi dalah kata umum yang mengacu pada kain atau tekstil ( draperie Perancis Kuno, dari bahasa Latin Akhir drappus [1] ). Ini mungkin mengacu pada kain yang digunakan untuk tujuan dekoratif – seperti di sekitar jendela – atau pakaian.

Kelangsaian[sunting | sunting sumber]

Kelangsaian adalah properti dari bahan tekstil yang berbeda bagaimana mereka dilipat, jatuh, atau digantung pada benda tiga dimensi. Kelangsaian tergantung pada karakteristik serat dan kelenturan, kelonggaran, dan kelembutan bahan.[2] [3] Pakaian yang disampirkan mengikuti bentuk tubuh manusia di bawahnya.[4] [5]

Seni[sunting | sunting sumber]

Prasasti pemakaman seorang penari Yunani, 400-an SM

Dalam sejarah seni, langsai mengacu pada kain atau tekstil apa pun yang digambarkan, yang biasanya berupa pakaian. Penggambaran skema lipatan dan pola tenunan pakaian yang digantung longgar pada wujud manusia, dengan prototipe kuno, dirancang ulang sebagai tambahan pada wujud perempuan oleh pelukis dan pematung vas Yunani pada awal abad kelima dan tetap menjadi sumber utama. formula gaya dalam seni pahat dan lukisan, bahkan setelah adopsi gaya pakaian yang lebih ketat pada zaman Renaisans . Setelah Renaisans, kain besar tanpa tujuan yang jelas sering digunakan sebagai dekorasi, terutama dalam potret dengan cara yang megah ; ini juga dikenal sebagai langsai.

Bagi orang-orang Yunani, seperti dicatat oleh Kenneth Clark, [6] langsai yang menempel mengikuti bidang dan kontur bentuk tubuh, menekankan putaran dan peregangannya: "langsai yang mengambang memperlihatkan garis gerakan yang baru saja dilaluinya.... Langsai yang menunjukkan garis kekuatan, menunjukkan masa lalu dan kemungkinan masa depan untuk setiap tindakan." Clark membandingkan langsai formal pada dekorasi di Olympia dengan figur dekorasi pahatan di Parthenon, yang "telah mencapai kebebasan dan kekuatan ekspresif yang tidak pernah tertandingi kecuali oleh Leonardo da Vinci ". Clark mengamati, sosok laki-laki yang tidak terbungkus, "terus bergerak karena jubah terbang mereka."

Di Inggris abad ke-18, banyak pelukis potret terkemuka yang memiliki bengkel besar menggunakan jasa pelukis langsai, yang merupakan spesialis yang melukis gaun, kostum, dan aksesori lain yang dikenakan oleh pengasuh dalam lukisan potret. [7] Sementara pelukis potret menyelesaikan bagian wajah dan tangan, pelukis langsai bertanggung jawab atas pose dan kostumnya. Para spesialis ini belum tentu merupakan asisten di bengkel pelukis langsai, melainkan subkontraktor. Pelukis Flemish Joseph van Aken adalah pelukis langsai terkemuka di Inggris abad ke-18 yang bekerja untuk sebagian besar seniman potret dan akibatnya banyak karya seniman potret Inggris pada masa itu seringkali sulit dibedakan satu sama lain. [8]

Desain interior[sunting | sunting sumber]

Dalam desain interior, langsai hampir secara eksklusif mengacu pada perawatan jendela. Ini sering digunakan sebagai titik fokus di samping jendela atau sebagai cara untuk membantu menghalangi sinar matahari/silau. Ada kesepakatan umum bahwa desain langsai lebih kokoh dan berbobot dibandingkan hiasan jendela panel tirai . Langsai juga biasanya dilapisi, sedangkan panel tirai biasanya tidak. Anda dapat memiliki langsai yang tipis, menyaring cahaya, membuat ruangan menjadi gelap atau gelap; sehingga bisa digunakan di hampir setiap ruangan rumah jika diinginkan. Langsai juga dianggap sebagai instalasi yang relatif permanen, menambahkan elemen integral pada desain ruangan dengan menambahkan warna atau pola untuk melengkapi elemen arsitektur dan lembut lainnya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Perhaps of Celtic origin" OED.
  2. ^ Kadolph, Sara J. (1998). Textiles. Internet Archive. Upper Saddle River, N.J. : Merrill. hlm. 22. ISBN 978-0-13-494592-7. 
  3. ^ Sinclair, Rose (2014-11-08). Textiles and Fashion: Materials, Design and Technology (dalam bahasa Inggris). Elsevier. hlm. 727. ISBN 978-0-85709-561-9. 
  4. ^ Baines, Barbara Burman (1981). Fashion Revivals: From the Elizabethan Age to the Present Day (dalam bahasa Inggris). Batsford. hlm. 61. ISBN 978-0-7134-1929-0. 
  5. ^ Shukla, Pravina (2008). The Grace of Four Moons: Dress, Adornment, and the Art of the Body in Modern India (dalam bahasa Inggris). Indiana University Press. hlm. 166. ISBN 978-0-253-34911-8. 
  6. ^ Clark, Kenneth.The Nude: A Study in Ideal Form, Washington, 1956, p.184.
  7. ^ Drapery painter in Oxford Reference
  8. ^ Thomas Hudson (1701–1779), Joseph Van Aken, the drapery painter at Lowell Libson & Jonny Yarker Ltd