Landak ekor-sikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Landak ekor-sikat
Rentang fosil: Pleistosen awal – sekarang
Atherurus africanus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Atherurus

F. Cuvier, 1829
Spesies tipe
Hystrix macroura
Spesies

Atherurus africanus
Atherurus macrourus

Landak ekor-sikat adalah genus, Atherurus, dari landak dunia lama[1] yang ditemukan di Asia dan Afrika .

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Landak ekor sikat memiliki tubuh yang ditutupi duri seperti kerabat mereka di Dunia Baru. Duri ini lebih pendek dan tidak terlalu menonjol secara visual seperti yang terlihat pada genus Hystrix, tetapi jauh lebih menonjol dibandingkan pada Trichys . Mereka memiliki jambul yang menonjol di ujung ekornya yang menjadi asal muasal nama umum mereka. Ekornya mudah patah saat hewan tersebut terancam.

Tubuh mereka panjang dan agak mirip tikus . Mereka adalah penghuni hutan dan aktif di malam hari, dan memakan tumbuhan, tetapi mungkin memakan serangga atau bangkai . Hewan-hewan tersebut dapat hidup dalam kelompok sosial yang biasanya berjumlah enam hingga delapan. Rekor umur panjang hewan penangkaran hampir 23 tahun.

Karena ukurannya yang kecil (landak ekor sikat yang khas memiliki berat sekitar 3 kg), ini adalah daging hewan liar yang populer bagi penduduk perkotaan dan pedesaan di Gabon, Nigeria, Kamerun atau Kongo.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Predator[sunting | sunting sumber]

Landak ekor sikat memiliki banyak predator asli: macan tutul, burung pemangsa besar, dan ular; namun, manusia adalah predator yang paling menonjol dan konstan. Landak ekor sikat diburu dalam jumlah besar sehingga banyak orang di wilayah tersebut khawatir bahwa hal ini bukan lagi pilihan yang berkelanjutan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wilson, D. E.; Reeder, D. M., ed. (2005). Mammal Species of the World: A Taxonomic and Geographic Reference (edisi ke-3rd). Johns Hopkins University Press. ISBN 978-0-8018-8221-0. OCLC 62265494. 
  • Nowak, Ronald M. 1999. Walker's Mammals of the World, 6th edition. Johns Hopkins University Press, 1936 pp. ISBN 0-8018-5789-9
  • Jori, F., Lopez-béjar, M. & Houben, P. The biology and use of the African brush-tailed porcupine (Atherurus africanus, Gray, 1842)as a food animal. A review. Biodiversity and Conservation 7, 1417–1426 (1998). https://doi.org/10.1023/A:1008853113835