Lana Lang (Smallville)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

{{Infobox character|color=#D6D6FF|name=Lana Lang|series=Smallville|image=. Karakter ini juga muncul dalam berbagai literatur berdasarkan Smallville pada serial televisi, tidak ada yang secara langsung berlanjut pada episode televisi.

Di dalam Smallville, Lana merupakan dambaan hati Clark Kent, meskipun pada episode-episode di musim awal, dia kencan Whitney Fordman. lalu musim kedua, dengan keberangkatan Whitney, Lana dan Clark mulai tumbuh lebih dekat. Atas ketidakjujuran Clark-lah yang membuat hubungan mereka berakhir. Lana kemudian lebih dekat kepada Lex Luthor. Akhirnya, Lana belajar mengenai kebenaran tentang Clark dan mereka bersama kembali. Setelah mencuri kekuatan kryptonite dari Lex, Lana menyerap sejumlah besar radiasi kryptonitek, yang mana dilarang baginya untuk terlalu dengan dengan Clark, dan dia meninggalkan Smallville dengan cara baik, tetapi bersumpah untuk terus menggunakan kekuatannya untuk mempertahankan hidup.

Awalnya, Lana diketahui sebagai wanita yang cerdas "All-American girl".[1] Dia akhirnya menjadi tokoh tragis di Smallville, karena keputusan yang dibuat oleh Clark dan Lex mengubah karekter dalam acara ini. Gough menjelaskan, pada akhir dari musim keenam, Lana telah menunjukkan bahwa dia bisa mengalahkan Lex di permainannya sendiri. Selama acara ini, Lana transisi dari All-American girl untuk lebih "self-reliant young woman".[1] Kreuk telah dinominasikan untuk berbagai penghargaan dalam perannya sebagai Lana Lang.

Peran dalam Smallville[sunting | sunting sumber]

Di musim pertama adalah permulaan dari hubungan persahabatan mereka yaitu Lana dan Clark Kent (Tom Welling), dia dikenal sebagai seorang pemandu sorak populer yang kencan dengan gelandang bintang Whitney Fordman (Eric Johnson), dan Clark tidak bisa mendekatinya tanpa sakit karena kryptonite dari kalung yang dipakainya.[2] Dalam episode pilot, ketika orang tuanya tewas dalam pertama hujan meteor, Lana diadopsi oleh bibinya Nell (Sarah-Jane Redmond). ketika di bagian musim pertama, Lana tumbuh lebih dekat dengan Clark, sementara Whitney mulai menjauhkan diri karena ayahnya penyakit medis.[3] Di musim kedua dalam episode "Heat" Lana mengirimkan sesuatu ke Whitney, yang meninggalkan Smallville untuk menjadi Marinir dalam satu musim finale,[4] yaitu sebuah pesan video putus dengan dia.[5] Lana bibi Nell bergerak ke Metropolis bersama tunangannya di musim kedua dalam episode "Ryan", tapi Lana memilih untuk bersalm dengan temannya, Chloe Sullivan (Allison Mack) sehingga ia dapat menyelesaikan sekolah tinggi di Smallville.[6]

Pada akhir dari musim dua, Lana dan Clark perlahan-lahan mencoba dan memulai hubungan romansa, tapi takut reaksi dari Chloe karena ia memiliki perasaan pribadi kepada Clark.[7] Hanya saja mereka berdua menyerah pada perasaan mereka, Clark tiba-tiba melarikan diri dari Smallville dalam akhir di musim kedua.[8] Pada awal musim tiga, hal ini menunjukkan bahwa Lana, bersama keluarga Kent, telah menghabiskan waktu untuk mencari Clark, dia akhirnya menemukan dia di Metropolis karena Chloe membantunya.[9] Clark tindakan di Metropolis memaksa dua untuk memikirkan kembali hubungan mereka di musim tiga pada episode "Phoenix",[10] dan Lana akhirnya memulai hubungan baru dengan Adam Knight (Ian Somerhalder), seorang pria yang ia temui saat di terapi fisik setelah diinjak-injak oleh kuda dalam musim ketiga pada episode "Asylum".[11][12] Pada musim tiga episode "Krisis", ditemukan bahwa hubungan Adam dengan Lana hanyalah usaha tipuanya agar Adam bisa menyelidiki Clark.[13]

Musim ketiga di episode "Forsaken" mengungkapkan bahwa Lana, untuk melanjutkan hidupnya, menetapkan dan melanjutkan ke sebuah program untuk belajar di Paris, Prancis.[14] Musim empat menunjukkan bahwa Lana, sementara di Paris, mulai hubungan romantis dengan Jason Teague (Jensen Ackles). Pada awal musim, Lana kembali ke Smallville setelah menerima tato misterius pada punggung bawah, yang menyerupai simbol lokal Kawatche dinding gua, ketika dia menyentuh makam Countess Margaret Isobel Theroux.[15] Di musim empat ini "Spell" dan "Sacred", tato itu bertindak sebagai pintu masuk bagi roh Isobel menghuni tubuh Lana; setiap kali Isobel mengambil alih tubuh Lana dia memiliki tujuan untuk menemukan tiga batu dari pengetahuan, yang juga sedang dicari oleh Clark dan Lex Luthor (Michael Rosenbaum).[16][17] Dalam akhir empat musim "Permulaan", Lana dihadapkan oleh ibu Jason Genevieve (Jane Seymour), yang juga mencari tiga batu dari pengetahuan, dan selama pergolakan, Isobel datang ke dan membunuh Genevieve. Mengakibatkan kematian Genevieve, yang terungkap telah menyebabkan Isobel kematian berabad-abad sebelumnya dalam episode "Terikat",[18] dan terlepas sudah kontrol Isobel atas Lana.[19]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Simpson, Paul, (Season 1 Companion), pp.116–119
  2. ^ Alfred Gough, Miles Millar (writers) & David Nutter (director) (October 16, 2001). "Pilot". Smallville. Musim ke-1. Episode ke-1. The WB. 
  3. ^ Mark Verheiden, Michael Green (writers) & D.J. Caruso (director) (January 29, 2002). "Shimmer". Smallville. Musim ke-1. Episode ke-10. The WB. 
  4. ^ Philip Levens, Alfred Gough (writers) & Greg Beeman (director) (May 21, 2002). "Tempest". Smallville. Musim ke-1. Episode ke-21. The WB. 
  5. ^ Mark Verheiden (writer) & James Marshall (director) (October 1, 2002). "Heat". Smallville. Musim ke-2. Episode ke-2. 42 menit berlalu. The WB. 
  6. ^ Philip Levens (writer) & Terrence O'Hara (director) (December 12, 2002). "Ryan". Smallville. Musim ke-2. Episode ke-8. The WB. 
  7. ^ Kenneth Biller (writer) & Terrence O'Hara (director) (May 13, 2003). "Calling". Smallville. Musim ke-2. Episode ke-22. The WB. 
  8. ^ Alfred Gough, Miles Millar (writers) & Greg Beeman (director) (May 20, 2003). "Exodus". Smallville. Musim ke-2. Episode ke-23. The WB. 
  9. ^ Alfred Gough, Miles Millar (writers) & Greg Beeman (director) (October 1, 2003). "Exile". Smallville. Musim ke-3. Episode ke-2. The WB. 
  10. ^ Kelly Souders, Brian Peterson (writers) & James Marshall (director) (October 8, 2003). "Phoenix". Smallville. Musim ke-3. Episode ke-2. The WB. 
  11. ^ Todd Slavkin, Darren Swimmer (writers) & Greg Beeman (director) (January 14, 2004). "Asylum". Smallville. Musim ke-3. Episode ke-9. The WB. 
  12. ^ Kenneth Biller (writer & director) (November 19, 2003). "Shattered". Smallville. Musim ke-3. Episode ke-8. The WB. 
  13. ^ Kelly Souders, Brian Peterson (writers) & Ken Biller (director) (March 3, 2004). "Crisis". Smallville. Musim ke-3. Episode ke-16. The WB. 
  14. ^ Kelly Souders, Brian Peterson (writers) & Terrence O'Hara (director) (May 12, 2004). "Forsaken". Smallville. Musim ke-3. Episode ke-21. The WB. 
  15. ^ Miles Millar, Alfred Gough (writers) & Greg Beeman (director) (September 22, 2004). "Crusade". Smallville. Musim ke-4. Episode ke-1. The WB. 
  16. ^ Steven S. DeKnight (writer) & Jeannot Szwarc (director) (November 10, 2004). "Spell". Smallville. Musim ke-4. Episode ke-8. The WB. 
  17. ^ Kelly Souders, Brian Peterson (writers) & Brad Turner (director) (February 23, 2005). "Sacred". Smallville. Musim ke-4. Episode ke-15. The WB. 
  18. ^ Luke Schelhaas (writer) & Terrence O'Hara (director) (November 17, 2004). "Bound". Smallville. Musim ke-4. Episode ke-9. The WB. 
  19. ^ Todd Slavkin, Darren Swimmer (writers) & Greg Beeman (director) (May 18, 2005). "Commencement". Smallville. Musim ke-4. Episode ke-22. The WB.