Lompat ke isi

Lady Flora Hastings

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lady Flora Hastings

Lady Flora Elizabeth Rawdon-Hastings (11 Februari 1806 – 5 Juli 1839) adalah seorang dalam lingkar dalam yang bekerja di Istana Buckingham selama masa kekuasaan Victoria dari Britania Raya. Ia berada dalam pusaran skandal kehamilan dan politik yang oleh Ratu Victoria disebut sebagai yang terburuk selama masanya bertakhta.

Pada Januari 1839, ketika Flora tiba di London dari Skotlandia bersama dengan Sir John Conroy yang tidak disukai Ratu Victoria. Flora sakit sewaktu tiba dan perutnya membuncit. Ada selentingan bawhwa ia dihamili oleh Conroy. Flora menolak dugaan dirinya sedang hamil, tapi Ratu Victoria yakin bahwa ia sedang hamil sehingga meminta uji kehamilan dilakukan. Hasil ujinya negatif dan keluarga Hastings meminta agar Ratu mohon maaf. Ratu Victoria menolak meminta maaf dan keluarga Hastings kemudian membeberkan semua kisah itu kepada media.

Paparan itu menjadi pertentangan antara para anggota partai Tory pendukung Hastings dan para anggota partai Whig pendukung Ratu. Publik menyalahkan Ratu karena memulai selentingan dan menyorakinya di luar istana. Flora Hastings meninggal pagi dini hari pada 5 Juli 1839. Otopsi yang dilakukan mengungkapkan bahwa benjolan perut Flora disebabkan oleh penyakit ginjal.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]