Lad, A Dog

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lad: A Dog merupakan novel Amerika yang ditulis oleh Albert Payson Terhune serta dipublikasikan oleh E. P. Dutton. Terhune membuat karyanya di peternakannya dekat Danau Pompton.[1] Novel ini didasarkan pada kehidupan seekor anjing Collie milik Terhune bernama Lad dan dikemas dalam satu novel yang terdiri atas dua belas cerita pendek. Lad adalah anjing yang tidak terdaftar dan tidak diketahui garis keturunannya yang dipelihara oleh ayah Terhune. Pada tahun 1918, Lad mati dan kematiannya ditangisi oleh banyak penggemar cerita terutama anak-anak.

Melalui kisah perjalanan seekor anjing bernama Lad, Terhune mengekspresikan pandangannya terhadap pola pengasuhan anak agar memperoleh kepatuhan tanpa paksaan. Terhune mulai menulis pada tahun 1915 kemudian mendapatkan popularitas. Ia dikontrak untuk menjadi penulis cerita dan mengirimkannya ke halaman Doubleday. Ia menerima penolakan dari Doubleday dan meminta penerbit lain hingga akhirnya diterbitkan oleh Dutton. Novel tersebut menjadi buku terlaris di pasar yaitu untuk kategori buku fiksi anak-anak dan dewasa. Terjual lebih dari satu juta eksemplar dan merupakan karya terlaris Terhune serta mendorongnya menjadi terkenal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Albert Payson Terhune | American author | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-01-29.