Líbano, Tolima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Libano, Tolima
Kotamadya
Bendera Libano, Tolima
Lokasi Libano
Lokasi Libano
Pemerintahan
 • MayorJosé Germán Castellanos Herrera
Populasi
 (2020)
 • Total36.231
Zona waktuUTC-5 (Colombia Standard Time)
Situs webhttp://www.libano-tolima.gov.co

Líbano adalah sebuah kotamadya di departemen Tolima, Kolombia. Populasi kotamadya ini diperkirakan mencapai 36.231 jiwa pada tahun 2020.  Bersama dengan Honda, Líbano adalah pusat Keuskupan Katolik Roma Líbano – Honda.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum kedatangan orang Eropa, suku Panches; Pantagoras; Bledos; dan Marquetones tinggal di wilayah tersebut. Mereka termasuk suku yang paling ditakuti oleh suku Muiska. Masyarakat mereka berbentuk hierarki aristokrat yang dipimpin oleh seorang kepala suku.

Pada pertengahan abad kesembilan belas, para pemukim dari Antioquia menjelajah ke selatan untuk mencari tanah kosong dan tambang, untuk dimasukkan ke dalam perekonomian nasional. Karavan Antioqueños yang dipimpin oleh Isidro Parra, menemukan sebuah lembah yang dipenuhi pohon aras dan ek, dan membangun beberapa gubuk. Desa itu bernama Líbano, kata dalam bahasa Spanyol untuk Lebanon.

Kawasan Libano berbentuk desa pada tahun 1886. Sejak tahun 1900, Líbano mulai berkembang menjadi desa penting, dan berkembang. Perkembangan sosial ekonomi daerah dipandu oleh para pendirinya mulai dari pengembangan pertambangan dan ketenagalistrikan hingga budidaya kopi, yang telah menjadi elemen ciri utama perekonomian masyarakat dan budaya daerah tersebut.

Libano adalah kota penghasil kopi bersejarah di Tolima. Di sana, terdapat 77 desa dan 3.980 kepala keluarga yang menggantungkan hidup dengan menanam kopi. Produksinya juga telah mendapat pengakuan di berbagai kompetisi seperti Master of Coffee Colombia, dimana petani Ómar Arango mendapat pengakuan atas kualitas kopinya yang tinggi pada tahun 2019.

Selain itu, kopi spesial yang dihasilkan oleh kotamadya ini diekspor ke negara-negara seperti Tiongkok, Jepang, Korea, Amerika Serikat, Spanyol, Inggris, dan lain-lain.

Kota Líbano adalah takhta Keuskupan Líbano-Honda, yang dibentuk oleh Paus Yohanes Paulus II pada tanggal 26 Juli 1989. Wilayah teritorial keuskupan ini meliputi area seluas 3.477 km² dengan penduduk sekitar 240.000 jiwa. Uskup pertamanya adalah Monsinyur José Luis Serna Alzate, yang mulai menjabat pada 7 Oktober 1989. Pada 5 Desember 2015, José Luis Henao Cadavid dilantik sebagai uskup keempat di keuskupan tersebut.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kotamadya Libano terletak di utara departemen Tolima, sekitar 56 kilometer dari utara Ibagué, ibu kota departemen. Libano berbatasan dengan kotamadya Armero dan Villahermosa di utara, Murillo di barat, Lérida di timur, serta Santa Isabel dan Venadillo di selatan.

Líbano terletak di Cordillera Central, sebelah timur Nevado del Ruiz. Kota ini berada di ketinggian 1.565 meter di atas permukaan laut, menempatkannya di zona beriklim sedang, di Kolombia. Daerahnya berbukit-bukit dan berhutan lebat sehingga tidak digunakan untuk pertanian. Pertanian di daerah tersebut meliputi perkebunan kopi, pisang, pisang raja, dan kacang-kacangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Líbano (Municipality, Colombia) - Population Statistics, Charts, Map and Location". www.citypopulation.de. Diakses tanggal 2024-04-15.