Kwikku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kwikku adalah jejaring sosial asal Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kwikker. Jejaring sosial tersebut dibuat oleh 5 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Kwikku yang dimotori oleh Hamdi Musaad, Ifa Alif, Wim Sonevel, Catur Priyo Wibowo, dan Emil Sabil ini bermula dari kekhawatiran mereka melihat banyaknya jejaring sosial asing yang gencar masuk ke Indonesia. Kwikku yang diinisiasi pada 26 September 2013 lalu ini sempat mencuri perhatian publik hingga Mampu menyedot lebih dari 40.000 pengguna terdaftar pada saat awal perilisan. Meski sempat diragukan oleh berbagai pihak, Kwikku mampu menjawab dengan terus berkarya dan senantiasa mengasah kreativitas. Kwikku android telah mengantongi Juara sebagai Best of The Best Android Application di ajang Cakrawala Awards yang diadakan oleh (JITC) Jatim IT Creative dan Disperindag Jatim.

Pada tahun 2019, Kwikku bertransformasi menjadi Social Storytelling website untuk Generasi Z yang meliputi Artikel Viral, Webtoon dan Novel terbaik, dengan demikian para penggunannya dapat mencari berbagai Novel tanpa perlu ke toko buku. Berbagai Novel dari bermacam Genre bisa ditemukan dan juga Novel yang sudah lama atau tidak beredar juga bisa ditemukan disini.

Seluruh Novel dan Webtoon dapat dibaca secara gratis hingga chapter ke 5 dan setelah itu pengguna dapat membeli perChapter atau secara keseluruhan. Pembelian didalam Kwikku menggunakan mata uang KOIN, dimana pengguna dapat memperoleh koin dengan cara mengikuti beberapa misi didalam aplikasi atau membelinya melalui metode yang telah disediakan.

Kwikku juga terbuka untuk para Konten Kreator yang ingin mempublikasikan karya mereka yang berupa Webtoon atau Novel untuk dibaca pengguna, hal ini dimungkinkan karena Konten Kreator akan mendapatkan pembagian hasil sesuai transaksi yang dilakukan pengguna

Sumber[sunting | sunting sumber]