Kwikku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kwikku
Didirikan26 September 2013; 10 tahun lalu (2013-09-26) di Malang, Indonesia
PendiriHamdi Musaad, Ifa Alif, Wim Sonevel, Catur Priyo Wibowo, Emil Sabil
Kantor
pusat
,
Indonesia
JasaAplikasi membaca dan menulis, jejaring sosial
IndukFalcon Pictures[1]
Situs webhttps://www.kwikku.com

Kwikku adalah jejaring sosial asal Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kwikkers. Jejaring sosial tersebut dibuat oleh 5 mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Kwikku yang dimotori oleh Hamdi Musaad, Ifa Alif, Wim Sonevel, Catur Priyo Wibowo, dan Emil Sabil ini bermula dari kekhawatiran mereka melihat banyaknya jejaring sosial asing yang gencar masuk ke Indonesia. Kwikku yang diinisiasi pada 26 September 2013 lalu ini sempat mencuri perhatian publik hingga Mampu menyedot lebih dari 40.000 pengguna terdaftar pada saat awal perilisan. Meski sempat diragukan oleh berbagai pihak, Kwikku mampu menjawab dengan terus berkarya dan senantiasa mengasah kreativitas. Kwikku android telah mengantongi Juara sebagai Best of The Best Android Application di ajang Cakrawala Awards yang diadakan oleh (JITC) Jatim IT Creative dan Disperindag Jatim.

Ketersediaan[sunting | sunting sumber]

Layanan ini tersedia dan dapat diakses oleh semua orang melalui aplikasi android di Playstore atau melalui website di www.kwikku.com, untuk kreator yang ingin berkarya dan memublikasikan karyanya bisa mengakses Halaman Author di author.kwikku.com

Tahun Penting[sunting | sunting sumber]

Tahun 2020, Kwikku bertransformasi menjadi Social Storytelling website untuk Generasi Z yang meliputi Artikel, Webtoon dan Novel, dengan demikian para penggunannya dapat mencari berbagai karya tanpa perlu ke toko buku.

Tahun 2021 - 2022, beberapa fitur mulai di tambahkan seperti Flash Fiction, Cerpen, Artwork dan Skrip Film untuk memenuhi permintaan kreator dalam berkarya.

Tahun 2023, memasuki era baru yang mambuat kwikku memperbarui berbagai fitur dan mengintegrasikan AI ke dalam platform.

Monetisasi[sunting | sunting sumber]

Kreator dapat memublikasikan karya mereka dan mengubahnya menjadi premium untuk tujuan komersial, pembaca bisa menggunakan berbagai macam alat pembayaran untuk melakukan transaksi dengan kreator. Selain pembayaran kwikku juga memiliki kunci, yaitu mata uang yang digital yang bisa digunakan untuk bertransaksi di seluruh produk kwikku.

Kurasi[sunting | sunting sumber]

Setiap karya yang akan tayang secara publik harus melewati tahapan kurasi, tim kurator akan mengecek karya sebelum disetujui untuk memastikan karya tersebut aman dan tidak melanggar syarat dan ketentuan. Apabila karya tersebut ditolak maka kurator akan menuliskan revisi yang bisa digunakan oleh kreator untuk memperbaiki karyanya.

Inovasi[sunting | sunting sumber]

AI

Tahun 2023 merupakan perubahan dalam sistem, AI (artificial intelligence) menjadi bagian dari pengembangan fitur kedepannya, salah satu fitur yang tercipta dari integrasi AI yaitu:

  • Cuveer.com : Aplikasi editor cover yang bisa digunakan oleh siapa saja untuk membuat cover lebih mudah dan praktis dengan bantuan AI, selain itu cuveer juga terintegrasi dengan Halaman Author di kwikku.
  • A+ (APlus) : AI yang berfungsi sebagai asisten bagi penulis yang mampu membantu melanjutkan beberapa paragraf dari karya mereka, selain itu juga mampu memberikan saran dan memperbaiki kesalahan ejaan.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ falcon.co.id/digital/kwikku