Kekutu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kutu perangkat lunak)
Lompat ke: navigasi, cari
Sebuah ilustrasi kekutu yang menjadi maskot Bugzilla
Sebuah halaman dari buku log komputer elektromekanik Harvard Mark II, terdapat ngengat mati yang diambil dari komputer tersebut

Kekutu[1] (bahasa Inggris: bug), seranggaan[2] atau galat/kesalahan program adalah suatu kesalahan desain pada perangkat keras atau perangkat lunak yang menyebabkan peralatan atau program itu tidak berfungsi semestinya. Kekutu umumnya ditemukan pada perangkat lunak, bukan perangkat keras.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata "bug" berasal dari bahasa Inggris Pertengahan yaitu "bugge" yang berarti monster.[3] Pada Perang Dunia II, istilah bug (atau glitch) digunakan ketika senjata yang digunakan untuk perang mengalami masalah dalam pengoperasiannya.[4]

Istilah bug juga digunakan oleh ilmuwan komputer Grace Hopper, ketika ia dan timnya menangani masalah yang terjadi pada komputer elektromekanik pertama.[5] Lebih lengkapnya, terdapat pada kutipan berikut:

Pada tahun 1946, ketika Hopper sudah selesai bertugas, ia bergabung di Harvard untuk melanjutkan pekerjaannya pada komputer Mark II dan Mark III. Operator memeriksa gangguan yang terjadi di Mark II, lalu diketahui bahwa ada ngengat yang terperangkap di dalamnya dan ini disebut sebagai bug. Serangga tersebut secara hati-hati diambil dan ditempelkan pada buku log. Karena kejadian itu, kami menyebut gangguan atau galat sebagai bug.[6]

Kejadian kekutu yang terkenal[sunting | sunting sumber]

  • Y2K, yaitu kekutu yang berhubungan dengan kebiasaan banyak pemrogram yang menyimpan tahun dalam format 2 angka pada tahun 1980-an. Kebiasaan ini menimbulkan masalah saat mendekati tahun 2000, yaitu kesadaran bahwa tahun 2000 akan ditafsirkan sebagai tahun 1900.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pemadanan istilah dengan memanfaatkan awalan pembentuk kata benda ke-, yakni yang mempunyai sifat atau ciri (KBBI III).
  2. ^ Pemadanan istilah dengan memanfaatkan akhiran pembentuk kata benda -an, yakni sesuatu yang mempunyai sifat (KBBI III).
  3. ^ "Moth in the machine: Debugging the origins of 'bug'". Computerworld. 3 September 2011. 
  4. ^ "Modern Aircraft Carriers are Result of 20 Years of Smart Experimentation". Life. 29 Juni 1942. p. 25. Diakses tanggal 17 November 2011. 
  5. ^ FCAT NRT Test, Harcourt, 18 Maret 2008 
  6. ^ "Danis, Sharron Ann: "Rear Admiral Grace Murray Hopper"". ei.cs.vt.edu. 16 Februari 1997. Diakses tanggal 31 Januari 2010. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]