Lompat ke isi

Kurt Hahn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kurt Hahn

Kurt Matthias Robert Martin Hahn (5 Juni 1886 – 14 Desember 1974) adalah seorang filsuf pendidikan yang dikenal karena membuat sekolah elit di Eropa seperti Jerman hingga Skotlandia berhasil memajukan intelektualitas para siswanya dengan cara yang tidak biasa. Ia terlahir sebagai keturunan Yahudi yang menghabiskan masa kecilnya di Berlin. Ia berkuliah di Universitas Oxford, Universitas Heidelberg, Universitas Freiberg dan Universitas Gottingen.

Ia pernah melalui masa beratnya saat peristiwa Holocaust menyeruak di Jerman. Saat Hahn telah berhasil mendirikan sekolah asrama Schule Schloss Salem bersama Pangeran Max, ia sempat dipenjara selama 5 hari pada tahun 1933. Ia ditangkap karena ia cukup vokal dalam menyuarakan aspirasi selama pemerintahan Adolf Hitler. Ia dipenjara usai pernyataan kontroversialnya yang meminta para pelajar, guru, hingga alumninya untuk memilih antara antara Salem atau Hitler.

Namun berkat sosok Perdana Menteri Inggris Ramsay MacDonald, dirinya bebas tetapi ia lebih memilih untuk pergi ke Inggris. Setelah ia pindah ke Britania Raya, ia mendirikan sebuah sekolah di Skotlandia. Sekolah elit kedua yang dibangun olehnya diberi nama Gordonstoun School.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]