Kuringgai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Ku-ring-gai" beralih ke halaman ini. Untuk kegunaan lainnya, lihat Ku-ring-gai (disambiguasi).

Kuringgai (juga diucapkan Ku-ring-gai, Kuring-gai, Guringai) adalah sebuah nama yang merujuk pada Penduduk Asli Australia di New South Wales.

Peta Fraser tahun 1892. Kuringgai ditandai VIII.

Tahun 1892, John Fraser menggunakan sebutan Kuringgai (Ku̇riġgai dalam notasi fonetis) untuk merujuk orang-orang yang menetap di bentangan besar di pesisir tengah New South Wales.

Menurut Graser, Kuringgai berbatasan dengan Wachigari dan Paikalyung di utara, Kamalarai di baratlaut, Wiradhari di barat dan Murrinjari di selatan.

Tetapi, Norman Tindale berkata tahun 1974 bahwa "Awabakal adalah bagian pusat dari serangkaian suku yang diberi nama Kuringgai oleh Fraser." Ia membagi daerah yang diberi tanda Kuringgai oleh Fraser menjadi beberapa suku, termasuk Tharawal, Eora, Dharuk, Darkinjang, Awabakal, Worimi, Birpai, Ngamba, dan lainnya.

Kelompok klan terdiri dari Garigal, Cammeragal, Borregegal, Awaba, Walkeloa dengan ratusan lainnya, dialek yang digunakan ialah Guringai. Merekalah pemburu dan pengumpul makanan di tanah mereka sendiri.

Kehidupan Guringai bergantung pada perjalanan musim di daerah mereka, dengan upacara besar.

Guringai masih hidup di daerah asli mereka.

Hari ini[sunting | sunting sumber]

Beberapa tempat telah diberi nama sesuai Kuringgai, yaitu:

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Threlkeld, L. E. (1892). John Fraser, ed. An Australian Language as spoken by the Awabakal the people of Awaba and Lake Macquarie (Near Newcastle, New South Wales) being an account of their Language, Traditions, and Customs. Sydney: Charles Potter, Government Printer. 
  • Tindale, Norman Barnett (1974). Aboriginal Tribes of Australia: Their Terrain, Environmental Controls, Distribution, Limits and Proper Names. University of California Press. ISBN 0-520-02005-7.