Lompat ke isi

Kue matahari (Taiwan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kue matahari
Nama lainTaiyang bing
JenisPanekuk
SajianHidangan penutup
Tempat asalTaichung, Taiwan
Dibuat olehKeluarga Lin
Bahan utamaMaltosa
Energi makanan
(per porsi )
460 kkal (1926 kJ)
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Kue matahari (Taiwan)
Hanzi tradisional: 太陽餅
Hanzi sederhana: 太阳饼

Kue matahari, atau taiyang bing,adalah makanan penutup Taiwan yang populer yang berasal dari kota Taichung, di Taiwan tengah. Isian khasnya berupa maltosa (gula malt kental), dan biasanya dijual dalam kotak kado khusus sebagai oleh-oleh bagi pengunjung. Beberapa toko kue matahari terkenal selalu memiliki antrean panjang orang yang menunggu untuk membeli kue matahari dalam kotak.

Kue matahari berbentuk bulat, dan ukurannya bisa bervariasi. Mereka dicirikan oleh kerak yang terkelupas. Kebanyakan orang memakannya dengan teh, dan beberapa orang melarutkannya dalam air panas untuk membuat makanan penutup seperti bubur.

Asal[sunting | sunting sumber]

Kue matahari pertama dibuat oleh keluarga Lin di daerah Shekou di Kotapraja Shengang, Kabupaten Taichung (sekarang bagian dari Kota Taichung). Keluarga Lin menggunakan gula malt kental sebagai isian kue kering. Belakangan, pembuat kue Wei Qing-hai memodifikasi kue tersebut menjadi bentuknya yang sekarang.[1]

Meskipun awalnya tidak disebut "kue matahari", namun diberi nama oleh pemilik "Sun Booth",[2] salah satu toko kue paling terkenal yang menjualnya. Nama tersebut tidak merupakan merek dagang, dan toko kue lainnya menggunakan nama yang sama untuk kue matahari mereka sendiri.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]