Kudeta Zimbabwe 2017

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kudeta Zimbabwe 2017
Zimbabwe - Harare.svg
Lokasi Harare di Zimbabwe
Tanggal14 - 21 November 2017
LokasiHarare, Zimbabwe
Hasil Robert Mugabe mundur dari jabatannya sebagai presiden
Pihak terlibat
Pelaku kudeta dari Angkatan Pertahanan Zimbabwe Pemerintah Zimbabwe
Tokoh dan pemimpin
  • Robert Mugabe
  • Grace Mugabe
  • Phelekezela Mphoko
  • Sydney Sekeramayi
  • Jonathan Moyo
  • Saviour Kasukuwere
  • Ignatius Chombo
  • Pada petang tanggal 14 November 2017, Angkatan Darat Zimbabwe berkumpul di sekitar ibu kota Zimbabwe, Harare, dan menguasai stasiun televisi nasional Zimbabwe serta kawasan lain di kota ini. Keesokan harinya, mereka mengeluarkan pernyataan bahwa yang mereka lakukan bukanlah kudeta dan Presiden Robert Mugabe berada dalam keadaan selamat, walaupun situasi baru akan kembali seperti semula setelah mereka selesai mengurus "kriminal" di sekitar Mugabe yang dituduh bertanggungjawab atas masalah sosial-ekonomi Zimbabwe.[1] Jacob Zuma, Presiden Afrika Selatan, telah menghubungi Mugabe dan menyatakan bahwa Mugabe "baik-baik saja", tetapi berada dalam tahanan rumah.[2]

    Kudeta terjadi di tengah-tengah ketegangan di dalam tubuh partai pemerintahan ZANU-PF. Ketegangan terjadi di antara mantan Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa yang didukung oleh militer dan Ibu Negara Zimbabwe Grace Mugabe yang didukung oleh oleh golongan muda G40. Seminggu setelah Mnangagwa dipecat dan dipaksa meninggalkan negara, dan sehari sebelum tentera bergerak ke Harare, kepala Angkatan Pertahanan Zimbabwe Constantino Chiwenga mengeluarkan pernyataan bahwa pembersihan pejabat senior ZANU-PF seperti Mnangagwa perlu dihentikan.

    Pada tanggal 21 November, Mugabe mengirim surat ke Parlemen Zimbabwe yang menyatakan bahwa ia mundur dari jabatannya sebagai presiden.[3] Wakil Presiden Kedua Phelekezela Mphoko lalu menjadi pelaksana tugas presiden.[4] Mnangagwa disumpah sebagai presiden pada tanggal 24 November 2017.[5]

    Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

    1. ^ Burke, Jason (15 November 2017). "Military urges calm in Zimbabwe after it seizes key sites in capital". The Guardian (dalam bahasa Inggris). ISSN 0261-3077. Diakses tanggal 15 November 2017. 
    2. ^ "African Union head says Zimbabwe army takeover 'seems like a coup'". Sky News (dalam bahasa Inggris). 15 November 2017. Diakses tanggal 15 November 2017. 
    3. ^ "Zimbabwe's President Mugabe resigns". Bbc.co.uk. 21 November 2017. Diakses tanggal 21 November 2017. 
    4. ^ "Experts clear the air on succession - The Herald". Herald.co.zw. Diakses tanggal 22 November 2017. 
    5. ^ "Zimbabwe's Mnangagwa sworn in as president". RTÉ. 24 November 2017. Diakses tanggal 24 November 2017. Zimbabwe's Emmerson Mnangagwa has been sworn in as the country's president, bringing the final curtain down on the 37-year rule of Robert Mugabe.