Krisis politik Madagaskar 2009

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Krisis politik Madagaskar 2009
Antananarivo - P1090823.jpg
Para pendemo di Madagaskar pada Januari 2009
Tanggal26 Januari 2009
LokasiMadagaskar
Hasil
  • Pengunduran diri Presiden Ravalomanana
  • Pelantikan wali kota Antananarivo, Andry Rajoelina sebagai presiden
Korban
135 orang tewas

Krisis politik Madagaskar 2009 dimulai pada tanggal 26 Januari 2009 berupa gerakan oposisi politik yang dipimpin oleh wali kota Antananarivo, Andry Rajoelina, yang berusaha menggulingkan Presiden Marc Ravalomanana dari kursi kepresidenan. Krisis mencapai puncaknya pada 21 Maret 2009 ketika Andry Rajoelina dinyatakan sebagai presiden Otoritas Transisi Tinggi Madagaskar, lima hari setelah Ravalomanana menyerahkan kekuasaannya kepada pihak militer dan melarikan diri ke Afrika Selatan.

Masyarakat internasional segera mengutuk pemimpin dan kenaikan-nya dengan menyebutkan kenaikan Andry sebagai tindakan inkonstitusional: Dukungan finansial dan investasi asing berhenti dan negara jatuh ke salah satu krisis ekonomi terburuk dalam sejarah. lembaga SADC dan Uni Afrika telah ditunjuk untuk mengawasi pemulihan politik Madagaskar.

Meskipun tujuan dari pemerintahan transisi adalah untuk menjalankan pemilihan presiden sesegera mungkin untuk meredakan ketegangan (meskipun penundaan biasa), tantangan utamanya adalah untuk membuat kesepakatan di antara empat faksi politik penting Madagaskar (Rajoelina, Ravalomanana, Zafy, dan Ratsiraka), beberapa diantaranya masih tidak ramah kepada pemerintah transisi. Pada tanggal 11 Desember 2010, sebuah konstitusi baru secara resmi disetujui, dengan membentuk Republik Keempat. Pada 28 Oktober 2011, Omer Beriziky diangkat sebagai perdana menteri yang baru. Pemilihan presiden dan parlemen dijadwalkan pada 8 Mei dan 3 Juli 2013.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]