Kotṟavai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kottravai at peruvudayar temple, Thanjavur
Arca Kottravai di Kuil Brihadiswara (Brihadishvara), Thanjavur

Kotṟavai (Tamil: கொற்றவை, Koṟṟavai), juga dieja Kotravai atau Korravai, adalah dewi kuno dalam tradisi Tamil. Dia juga adalah ibu dewi dan dewi kesuburan , pertanian, dan pemburu.Dia kadang-kadang disebut dengan nama dan julukan lain dalam tradisi Tamil di Tamil nadu dan Sri Lanka, seperti Atha, Mari, Suli, dan Neeli.[1][2] Dia dianggap sebagai Bunda dewa Murugan dalam tradisi Tamil di Tamilnadu dan Sri Lanka.

Dia adalah salah satu dewi terdokumentasi paling awal dalam Sastra Sangam, dan juga ditemukan dalam literatur Tamil selanjutnya.Dia disebutkan dalam banyak puisi di Paripāṭal, meskipun puisi yang didedikasikan untuknya termasuk di antara puisi yang telah hilang dari sejarah.Dalam epos Tamil Silappatikaram (c. abad ke-2), ia dikatakan sebagai dewi wilayah Pālai.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Namanya berasal dari kata Tamil korram, yang berarti "kemenangan, kesuksesan, keberanian".[3]

referensi[sunting | sunting sumber]

Bibliography[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Barbara Schuler (2009). Of Death and Birth: Icakkiyamman, a Tamil Goddess. Otto Harrassowitz Verlag. hlm. 28 with note 1.1. ISBN 978-3-447-05844-5. 
  2. ^ Nicholapillai Maria Saveri (1993). A Catholic-Hindu Encounter: Relations Between Roman Catholics and Hindus in Jaffna, Sri Lanka, 1900-1926. Centre for Performing Arts. hlm. 170. 
  3. ^ Zvelebil, Kamil (1992). Companion Studies to the History of Tamil Literature. BRILL. hlm. 21–22 with footnotes. ISBN 90-04-09365-6.