Konvensi Chuenpi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Konvensi Chuenpi

Convention of Chuenpee 1.png

Halaman satu dari konvensi
Hanzi tradisional: 穿鼻草約
Hanzi sederhana: 穿鼻草约

Konvensi Chuenpi[1] (juga dieja Chuanbi) adalah sebuah perjanjian antara Inggris Berkuasa Penuh Charles Elliot dan Komisioner Kekaisaran Tiongkok Qishan pada masa Perang Opium Pertama antara Britania Raya dan Dinasti Qing dari Tiongkok. Perjanjian ini disusun pada tahun 1841, namun tidak secara resmi diratifikasi karena penolakan oleh pemerintah Inggris dan Tiongkok.[2] Merasa syarat-syaratnya yang tidak dapat diterima, kedua pemerintah memberhentikan masing-masing Elliot dan Qishan, dari posisi mereka. Menteri Luar Negeri Inggris, Lord Palmerston menyatakan bahwa Elliot memperoleh terlalu sedikit sedangkan Kaisar Daoguang percaya Qishan kebobolan terlalu banyak. Palmerston menunjuk Henry Pottinger untuk menggantikan Elliot, dan kaisar menunjuk Yishan untuk menggantikan Qishan, dengan bantuan Lungwan dan Yang Fang.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Februari 1840, Menteri Luar Negeri Lord Palmerston menginstruksikan kepada Kapten Charles Elliot dan sepupunya Laksamana George Elliot yang berkuasa penuh bersama untuk menerima penyerahan setidaknya satu pulau untuk perdagangan di pesisir Tiongkok, di antara syarat-syarat lainnya.[3] Pada bulan November 1840, selama Perang Opium Pertama, George kembali ke Inggris karena sakit, meninggalkan Charles sebagai yang berkuasa penuh satu-satunya. Elliot dan Komisioner Imperial Qishan melakukan negosiasi namun tidak mencapai kesepakatan. Untuk memaksa konsesi Tiongkok, Inggris merebut benteng di pintu masuk Bocca Tigris (Bogue) dalam Pertempuran Kedua Chuenpi pada tanggal 7 Januari 1841, setelah itu Qishan setuju untuk mempertimbangkan tuntutan Elliot. Negosiasi pun terjadi di Bogue dekat Chuenpi.[4] Qishan menulis kepada Elliot pada tanggal 15 Januari, menawarkan salah satu antara Pulau Hong Kong atau Kowloon namun tidak keduanya. Elliot menjawab pada hari berikutnya, menerima Hong Kong. Pada tanggal 15 Januari, pedagang James Matheson menulis kepada mitra bisnisnya William Jardine bahwa Elliot tiba di Makau malam sebelumnya: "Saya mendengar dari dia secara sangat rahasia bahwa Ki Shen (Qishan) telah menyetujui Inggris memiliki kekuasaan di luar mereka sendiri, namun menolak untuk menyerahkan Chuenpee, sebagai penggantinya Kapten Elliot telah mengusulkan Hong Kong".[5]

Syarat-syarat[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Januari, Elliot mengeluarkan surat edaran mengumumkan "kesimpulan dari pengaturan awal" antara Qishan dan dirinya yang mencakup kondisi berikut:

  • Penyerahan pulau dan pelabuhan Hong Kong kepada mahkota Inggris. Hanya biaya dan bea kepada kekaisaran (Tiongkok) atas perdagangan yang dilakukan di sana yang harus dibayar seolah-olah perdagangan tersebut dilakukan di Whampoa.
  • Ganti rugi kepada pemerintah Inggris senilai enam juta dolar, satu juta dibayarkan sekaligus, dan sisanya dalam angsuran tahunan yang sama, berakhir pada tahun 1846.
  • Hubungan resmi langsung antara negara di atas kedudukan yang sejajar.
  • Perdagangan pelabuhan Kanton akan dibuka dalam waktu sepuluh hari setelah Tahun Baru Imlek, dan akan dilakukan di Whampoa sampai pengaturan lebih lanjut dimungkinkan pada penyelesaian baru.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hoe & Roebuck 1999, p. xviii
  2. ^ Courtauld, Caroline; Holdsworth, May; Vickers, Simon (1997). The Hong Kong Story. Oxford University Press. ISBN 0-19-590353-6.
  3. ^ Morse 1910, p. 628
  4. ^ Bernard & Hall 1844, p. 134
  5. ^ Lowe, K. J. P. (1989). "Hong Kong, 26 January 1841: Hoisting the Flag Revisited". Journal of the Hong Kong Branch of the Royal Asiatic Society. Volume 29. p. 12.

Referensi[sunting | sunting sumber]