Konsonan letup-balik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Konsonan implosi)

Konsonan letup-balik (konsonan implosif) merupakan mekanisme aliran udara dari kelompok konsonan letup (dan mungkin beberapa merupakan konsonan gesek) yang digabung dengan ingresif celah-suara dan paru-paru egresif.[1] Aliran udara dikontrol oleh pergerakan glotis (celah-suara) kebawah dan dengan tambahan pelepasan suara dari paru-paru. Walaupun begitu, konsonan kni bukanlah konsonan sembur glotalik murni, konsonan letup-balik dapat dimodifikasi dengan fonasi. Konsonan letup-balik kontrasti dapat ditemukan di sekitar 13% dari Contrastive implosives are found in approximately 13%[2] dari bahasa di dunia.

Dalam Alfabet Fonetis Internasional, konsonan letup-balik dapat dilihat dari memodifikasi bagian atas dari sebuah huruf fonem (hentian/letupan bersuara) dengan kail menghadap kanan: ɓ ɗ ʄ ɠ ʛ.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Phonetics for communication disorders. Martin J. Ball and Nicole Müller. Routledge, 2005.
  2. ^ Maddieson, Ian. 2008. Glottalized Consonants. In: Haspelmath, Martin & Dryer, Matthew S. & Gil, David & Comrie, Bernard (eds.) The World Atlas of Language Structures Online. Munich: Max Planck Digital Library, chapter 7. Available online at http://wals.info/feature/7 Accessed on 2008-03-28.